Warga Kel.Purutrejo,Gelar Pemilu Ketua RT-03/RW-01, No.Urut 01 Raih Suara Terbanyak

0
228

Pasuruan, Sigap88 – Warga kelurahan Purutrejo, kecamatan Purworejo, kota Pasuruan, menggelar acara Pemilihan Ketua Rukun Tetangga, RT- 03 RW- 01, Selasa (16/4/2019) malam sekira pukul 19:00 WIB.

Acara Pemilihan Ketua RT ini memanfaatkan fasilitas KPU yang akan dipergunalan untuk pemilu 2019 yang bertempat di lokasi TPS 1 kelurahan Purutrejo, kota Pasuruan.

Tampak hadir dalam acara kompetisi untuk memperebutkan sebagai ketua RT tersebut, yakni Lurah Purutrejo, Mukhamad Alfian Affandi, Babinkamtibmas dan Babinsa setempat serta para undangan.

Ely Hariyanto, selaku ketua penyelenggara dalam Pemilihan Umum Ketua RT- 03 RW- 01, mengatakan bahwa ia menggagas acara pemilihan umum ketua RT seperti ini agar masyarakat khususnya ditingkat bawah bisa lebih mengenal arti demokrasi.

Setelah prosesi penghitungan suara dan sambutan ketua RT-03, Waluyo

“Selain memberikan pemaparan secara simulasi dalam pemilu 2019, acara ini juga untuk mengenalkan arti demokrasi terhadap masyarakat di bawah,” ungkap Ely Hariyanto.

Dikatakan Ely Hariyanto, selain melakukan pemilihan ketua RT-03, hal ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat, penting bagi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya dalam pemilu 2019 agar tidak golput.

Antusias warga terlihat dalam mengikuti untuk turut menyukseskan acara Pemilihan Umum Ketua RT- 03. Mulau dari Bapak-bapak, Ibu-ibu dan remaja turut hadir untuk memberikan hak pilihnya terhadap masing – masing calon jagoannya.

Iqbal, salah satu warga yang hadir untuk memberikan hak pilihnya mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan acara yang digelar ini. Menurutnya, hal ini sangat unik, karena pada umumnya, untuk menentukan Ketua RT hanya dilakukan dengan cara musyawarah.

“Acara pemilihan ketua RT- 03 RW- 01 ini tergolong unik dengan cara mencoblos calon ketua RT layaknya pemilu kepala daera (Pilkada). Karena pada umumnya, pemilihan Ketua RT hanya sebatas musyawarah yang disepakati,” kata Iqbal setelah melakukan mencoblosan untuk memberikan hak pilihnya.

Warga setelah melakukan pencoblosan dan menaruh surat suara ke dalam kotak suara

Dari keempat calon yang berkompetisi, Waluyo, dengan nomer urut 01 yang menyandang status sebagai Incumbent memperoleh suara terbanyak, unggul dari ketiga pesaingnya sehingga Waluyo dipercaya oleh warga RT- 03 untuk menjadi Ketua Rukun Tetangga (RT).

Dalam kesempatan ini, Waluyo mengucapkan terimakasih karena masih dipercaya oleh warga untuk menjadi Ketua RT- 03 RW- 01. Diharapkan, dukungan masyarakat sangatlah penting untuk bergotong royong melakukan segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan Rukun Tetangga.

Sementara itu, Lurah Purutrejo, Mukhamad Alfian Affandi, sangat apresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh warga RT- 03 dengan menyusun seluruh rangkaian acara yang sekaligus memberikan edukasi dalam proses pemilu 2019 dengan cara pemilihan RT secara demokratis.

“Selamat kepada Bapak Waluyo yang terpilih sebagai Ketua RT- 03. kedepan diharapakan bisa menjadi contoh nasionalis dan kepanjangan tangan Pemerintah Kota Pasuruan,” kata Mukhamad Alfian Affandi.

Selain itu, Ely Hariyanto berharap, semoga acara pemilihan umum ketua Rukun Tetangga (RT) secara demokratis ini bisa menjadi contoh bagi daerah – daerah lain, khususnya warga kota Pasuruan, agar demokrasi di negeri ini bisa berjalan. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE