Warga Arjasa Sumenep Antusias Ikuti Pilgub Jatim

0
241

51 Persen Warga Gunakan Hak Suaranya

Sumenep SIGAP88- Pilkada Serentak 2018 yang telah dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Timur yang memilih Gubernur dan wakil Gubernur periode 2018-2023.

Ajang pesta demokrasi lima tahunan ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat tak terkecuali warga kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Hal ini dibuktikan saat rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa timur di Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep Madura, Jumat (27/06)

Dalam Hasil rekapitulasi di Kecamatan Arjasa untuk Masing masing pasangan calon (Paslon) yaitu Paslon nomer 1 mendapatkan suara 18.684, sedangkan Paslon nomer urut 2 mendapatkan 13.118 suara, total suara sah berada pada angka 31.802 dan tidak sah sebanyak 645 suara, total keseluruhan suara sah dan tidak sah semuanya 32.447

Sedangkan tingkat kehadiran mencapai 51% dan tingkat ke-tidakhadiran mencapai 49%, dikarenakan ada beberapa faktor sehingga tingkat kehadiran sangat minim.

Faktor ketidak hadiran tersebut di karenakan kebanyakan masyarakat di wilayah kecamatan Arjasa pergi merantau ke negeri Jiran Malaysia, sehingga mempengaruhi tingkat kehadiran untuk menggunakan hak suaranya.

Ketua PPK Arjasa Yunus S. Kel mengatakan dari PPK sampai kejajaran PPS sudah maksimal melakukan sosialisasi terhadap Masyarakat bagaimana di Pilgup Jatim ini semuanya tingkat kehadiranannya bisa di maksimalkan agar Masyarakat dapat melakukan pemilihan di TPS masing masing.

“Kami sudah semaksimal mungkin mengadakan sosialisasi sampai tingkat PPS agar masyarakat bisa hadir dalam pemilihan Gubernur Jatim”, jelas Yunus.

Masih menurut Yunus bahwa pengiriman berkas akan di laksanakan besok melalui Kapal laut dan langsung disetor ke KPU

“Dengan adanya acara ini saya sangat bersyukur Alhamdulillah karena sudah berjalan dengan lancar dan aman sedangkan untuk pengiriman akan dilaksanakan besok pagi sekaligus dengan hasil dari Kecamatan Kangayan langsung menuju KPU” sambungnya

Pihaknya mengungkapkan, “Dan berita kemarin dari Limadetik itu tidak bener karena C6 yang saya amati ke lapangan sudah terbagi,kemudian orang yang sedang melaporkan itu sendiri dari C6 itupun juga dia sendiri mencoblosnya demikian ungkap “Yunus

Sementara, Nurul Iskil Firdaus.S.Pd.selaku ketua Panwascam mengatakan bahwa penyelenggara baik dari Panwascam dan PPK menganggap sukses terbukti dari tingkat kehadiran masyarakat dengan nilai 51%, meski menurutnya dengan kapasitas hampir separuh penduduk kecamatan Arjasa banyak yang merantau ke luar Negeri.

“Kami memang melakukan sosialisasi sangat masif dalam melakukan aktifitas bahwa ini adalah salah satu indikator yang intinya kami betul betul melakukan komitmen sebagai penyelenggara dan saya juga menghimbau kepada Masyarakat kepulauan Kangean Kecamatan Arjasa khususnya untuk tidak golput di pemilu karena ini bagian dari indikator dalam mensukseskan pesta demokrasi”, ungkap Nurul.

“Rekapitulasi pada saat ini merupakan suatu potret untuk di jadikan salah satu contoh dalam mensukseskan pemilu dan saya sebagai ketua Panwascam sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang terkait karena atas dukungannya penyelenggaraan ini aman, lancar dan kondusif”pungkasnya. (Leh)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA/Telp 0838 3025 3823 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS