UPT Puskesmas Batu Putih Gelar Program ANC Terpadu

111

Sumenep SIGAP88- UPT Puskesmas Batu putih menggelar Program Ante Natal Care (ANC) yang bertempat di desa Batu Putih Laok pada hari Rabu 6/12 .

Gelar yang di adakan di Pendopo balai desa Batu putih laok itu di hadiri oleh beberapa Bidan, Dokter umum, Dokter gigi dan perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Bidan senior Puskesmas Batu putih (Ita yuliati) menyampaikan bahwa gelar ini juga melibatkan semua komponen yang ada di Puskesmas Batu putih, dan bekerja sama dengan PMI.

Kerja sama kami dengan PMI adalah mengupayakan bagaimana masyarakat desa termasuk masyarakat desa Batu putih laok ada yang bisa mendonorkan darahnya.

“Karena sampai saat ini stock darah yang ada di PMI masih kekurangan sehingga untuk mencukupi permintaan maka kami berharap kepada masyarakat bisa mendonorkan darahnya,” tandas Ita.

Selain itu pihaknya juga menerapkan jemput bola untuk menangani kesehatan ibu hamil, yang tujuanya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat hamil sehingga benar benar terjaga kesehatanya sampai menempuh persalinan.

“Tujuan kami mengadakan program ANC adalah menjaga dan mengantisipasi kesehatan Ibu hamil sehingga akan terdeteksi secara dini kesehatan Ibu hamil sampai melaksanakan persalinan”, imbuhnya.

Ita menyampaikan pula untuk desa Batu Putih laok, data yang sudah masuk ke meja kami untuk Ibu hamil sebanyak 27 orang, dan kami siap mengawal beliau agar selalu terjaga kesehatanya selama dalam kehamilanya hingga sampai proses persalinan.

Ketua PKK desa Batu putih Laok (Sittiyani) menambahkan, dengan adanya kegiatan ANC ini di harapkan nantinya tidak ada lagi kejadian Ibu yang melahirkan dalam keadaan kritis hingga meninggal, dan Ibu melahirkan, anaknya meninggal, serta menghindari adanya Anak lahir dengan kondisi Gizi buruk, ungkapnya. (Ain)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS