UNISMA gandeng FRPB Pamekasan Berikan Inovasi Penanggulangan Kebakaran

10

Pamekasan, Sigap88- Musim kemarau mengakibatkan banyaknya lahan kering dan terjadinya angin kencang yang mengakibagkan kebakaran lahan yang disebabkan dengan tidak sengajanya warga membuang sisa puntung rokok dan yang lainnya.

Wilayah Kabupaten Pamekasan yang sering terjadi lahan kering dan mengakibatkan terjadinya kebakaran di wilayah kecamatan Larangan, Galis, Pademawau.

Di wilayah tersebut pada musim kemarau kali ini sudah 5 kali terjadi kebakaran lahan, sehingga perlu antisipasi.

Antisipasi dan mitigasi kebakaran lahanpun dilakukan, salah satunya diinisiasi oleh mahasiswa KKN Universitas Islam Malang / UNISMA dengan menggandeng FRPB Pamekasan.

Para Mahasiswa memandang perlu memberi pengetahuan terkait kebakaran dan antisipasinya.

Para Mahasiswa UNISMA bersama FRPB mengumpulkan para perangkat Desa untuk bersimulasi bersama relawan di Balai Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan, Jawa Timur. Rabu (3/9/2020)

Para Mahasiswa memberikan arahan dan bimbingan teori terjadinya kebakaran, antisipasi api kecil yang tak terkendali, hingga simulasi pemadaman api dengan APAT atau alat pemadam api tradisional juga dilakukan.

“Sosialisasi ini kami pandang sangat perlu, agar masyarakat lebih paham lagi mengantisipasi kebakaran yang akan terjadi, ” ungkap kordinator KkN UNISMA, Achmad Ubaeidillah.

Sedangkan Budi Cahyono perwakilan dari FRPB menyampaikan, penanganan terhadap bencana adalah bagaimana masyarakat lebih sadar akan lingkungan.

Karena, masyarakatlah yang akan tahu duluan mengenai bencana tersebut. “Dengan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, akan lebih meminimalisir terjadinya kebakaran lahan,” terangnya.

Diharapkan, melalui sosialisasi dan pemberian teori, masyarakat bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran lingkungan. “Sosialisasi ini tentunya akan membawa masyarakat dan desa menjadi tangguh menghadapi bencana. Sehingga, akan ketuk tular pada desa lain di kecamatan itu dalam mitigasi bencana,” pungkasnya. (Eny)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE