Unik ! Pemilihan Ketua RT Di Kelurahan Purutrejo, Layaknya Pemilu 2019

0
118
Foto: Ely Hariyanto, Ketua Penyelenggara

Pasuruan, Sigap88 – Pemilihan pengurus Rukun Tetangga (RT) biasanya cenderung jarang diminati warga, karena pada umumnya, pemilihan ketua RT dipilih langsung dari anggota masyarakat melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya Pilkada.

Namun hal itu tidak berlaku bagi warga kelurahan Purutrejo, kecamatan Purworejo, kota Pasuruan. Pasalnya, pada umnya, warga setempat khususnya RT- 03 RW- 01, setiap pemilihan RT selalu diselenggarakan layaknya pemilihan kepala desa maupun pilkada.

Panitia membuat pemilihan ketua RT ini rasa pemilihan kepada daerah (pilkada). Alhasil, antusias warga untuk mengikuti pemilihan ketua RT- 03 RW- 01 terlihat ketika warga setempat berbodong – bondong untuk memberikan hak pilihnya kepada masing – masing calon kandidat.

Panitia pemilihan ketua RT 03 RW 01 kelurahan Purutrejo, 3 hari sebelum pencoblosan, sudah aktif mensosialisasikan pemilihan ketua RT ini. Baik melalui grup WhatsApp, maupun mendatangi langsung rumah warga alias door to door.

Ketua Penyelenggara/Panitia Pemilihan Ketua RT 03 RW 01, kelurahan Purutrejo, Ely Hariyanto mengatakan bahwa pihaknya melakukan penjaringan calon ketua RT hingga dua tahap. Tahap pertama dengan pendaftaran secara terbuka bagi warga yang berminat menjadi calon ketua RT.

Setelah itu, panitia melakukan penjaringan dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga. Warga kemudian diminta untuk mengisi formulir berisi sosok calon yang diusulkan.

Dari hasil penjaringan tahap kedua, panitia mendapatkan beberapa nama yang diusulkan warga untuk menjadi calon ketua RT 03 RW 01, Periode 2019 – 2022. Dari nama itu, panitia lalu mengerucutkan menjadi empat nama dengan suara dukungan terbanyak, yakni Waluyo, Edy Priyanto, Adi Waluyo, Mukayat.

“Pencoblosan atau pemilihan ketua RT ini akan berlangsung Selasa (16/4) malam pukul 19:00 yang bertempat di KPPS TPS 1 Kelurahan Purutrejo,” ungkap Ely Hariyanto, Senin (16/4/2019).

Dikatakan Ely Hariyanto, “Dalam acara pemilihan ketua RT 03 RW 01, kelurahan Purutrejo, sekaligus untuk memberikan
pembelajaran sejak dini tentang demokrasi, juga untuk memberikan pemaparan secara simulasi pencoblosan pemilu 2019,” kata Ely Hariyanto.

Untuk diketahui, RT adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh pemerintah desa atau lurah.

Pemilihan pengurus RT diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) kota Pasuruan tentang Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan.

Dalam perda itu disebutkan, pengurus RT dipilih dari anggota masyarakat secara musyawarah yang difasilitasi oleh pengurus RW. Masa bakti pengurus RT di desa adalah lima tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE