Tutup Tambang Ilegal, Gabungan dari TNI AD dan Polri Dilibatkan

0
160

Pasuruan, sigap88 – Tambang ilegal yang berada dikelurahan Gratitunon Kecamatan Grati untuk kesekian kalinya dirazia, dan pelaku penambangnya bergantian. Operasi tambang ilegal kali ini bukan hanya dilakukan dari pihak Satpol PP, namun juga melibatkan dari Sub Denpom, TNI AD, dan Polres Pasuruan Kota, Jum’at (20/04/2018).

Modus yang digunakan, tambang ilegal ini dompleng pada tambang galian C milik CV. Dua Jaya yang izinnya masih hidup dan berahir pada bulan juli mendatang.

Karena lokasinya berdempetan dan jalan untuk keluar masuknya kendaraan jadi satu.

Operasi gabungan dari tim investigator Kabupaten Pasuruan beserta para rombongan tiba di lokasi pertambangan sirtu ilegal sekira pukul 15.15 Wib. Dari operasi yang digelar, petugas mengamankan dua (2) bego.

Barang – barang yang berhasil disita berupa 2 aki bego merk Icobelco dan komatsu. Selanjutnya dilakukan penyegelan di areal tambang sirtu.

Selanjutnya, pihak pemerintah daerah akan melakukan panggilan pada Saudara Safiudin, H. Fauzan dan H. Dulloh yang diduga telah melakukan penambangan liar.

Hadir dalam Ops gabungan tersebut. Kasat pol PP, Drs. Yudha Triwedya sasongko beserta 12 orang anggota, Kopka Wawan dari Subdenpom Pasuruan, Bahtiar selaku kasi tibum PPNS, Hadi Mulyono PPNS, serta tiga orang anggota polisi dari polres pasuruan kota.

Alasan Satpol PP melakukan penyegelan lantaran penambang sudah menyalahi Perda nomor 8 tahun 2016 ttg perlindungan dan pengelolaan lungkungan, Perda No. 2 ttg Tribum dan Tranmas, dan juga Peraturan gubernur nomor 48 tahun 2016 ttg tata cara perijinan jawa timur.

“Tadi, sekitar pukul 9 pagi, beberapa anggota saya cek lokasi untuk memastikan adanya penambangan, dan rombongan saya dicegat oleh oknum, setelah kami datangi lagi, sudah gak ada orang, tinggal alat beratnya saja yang disembunyikan,” tutur Kasatpol PP saat dikonfirmasi via seluler.

Menurut informasi yang beredar, tambang ini sudah berjalan sekitar 3 hari yang lalu. (Fiq)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE