Toko Eferata Ditengarai Melanggar UU No 8 Tahun 1999

0
1337

Bondowoso, SIGAP88 – Semakin maraknya peredaran barang elektronik di pasaran khususnya di Kabupaten Bondowoso yang ditengarai sarat pelanggaran terhadap UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, membuat berang Ketua DPC Bara JP Bondowoso yang sekaligus Pimpinan Redaksi SIGAP88.

 

Seperti yang terjadi di Toko EFERATA yang terletak di Jalan Panjaitan Kabupaten Bondowoso. Dimana salah satu Barang yang diperjualkan, Berupa POWER BANK (PB) dengan Merk HIPPO ditengarai Melanggar terhadap UU No 8 Tahun 1999.

 

Edy junaedi Ketua Dpc Bara Jp Bondowoso menjelaskan mengenai produk PB yang dijual di Toko Eferata sarat terjadi suatu pelanggaran.

 

“Pertama kali kami dari Bara Jp, menerima masukan dari masyarakat bahwasanya produk PB yang dijual oleh Toko Eferata diduga melanggar UU No 8 tahun 1999 Mengenai Perlindungan Konsumen”, dimana Garansi yang tertera di Dos PB tersebut yang menyebutkan Garansi Plus 1 Tahun ternyata tidak sesuai dengan faktanya”.

 
Khususnya yang termaktup di Pasal 8 Ayat 1.d dan 1.f yang menyebutkan :
1. Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang:
    d. tidak sesuai dengan kondisi, jaminan, keistimewaan atau kemanjuran sebagaimana dinyatakan dalam label, etiket atau keterangan barang dan/atau jasa tersebut.

    e. tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa tersebut”.

Dan UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ini juga mengatur mengenai Sangsi Pidana terhadap Pelaku Usaha. Seperti termaktup dalam Pasal 62 Ayat 1 yang menyebutkan:

“Pelaku Usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 13 ayat 2, Pasal 15, Pasal 1 ayat 1 huruf a, huruf b, huruf c, huruf c, ayat 2, dan Pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah)”.

Dan kami akan segera menindaklanjuti terhadap temuan ini, dengan akan mengirimkan Surat Pemberitahuan kepada Dinas Perdagangan kabupaten Bondowoso untuk segera diambil langkah langkah terkait penyimpangan Toko Eferata terhadap UU perlindungan Konsumen, ungkap Ketua DPC Bara JP Bondowoso.

Hal Senada juga disampaikan Suhartono, Kabid perdagangan Kabupaten Bondowoso yang di hubungi via telepon oleh wartawan SIGAP88.

“Bahwa segala sesuatu hal yang berkaitan dengan Garansi tentunya harus sesuai dengan yang diterangkan dalam kartu. Yang tentunya pihak Toko juga wajib mengetahui bahwa barang itu bergaransi”.

“Sedangkan mengenai pengaduan dari Ketua Bara JP Bondowoso, kami dari pihak perdagangan Kabupaten Bondowoso akan terjun langsung kepada toko toko khususnya Toko Eferata seperti yang diadukan, berkaitan dengan Garansi ini. Karena untuk mengecek keabsahan terhadap garansi tersebut, apa betul betul dikeluarkan oleh Produk atau cuma promo Abal abal”, ungkapnya.

“Dan kami juga akan berkoordinasi dengan LPK Swadaya Masyarakat, mengenai pengaduan ini. Dan seandainya hal itu betul betul terjadi tentunya akan ada pihak pihak lain khususnya dari Kepolisian yang akan menindaklanjuti terhadap produk yang tidak benar atau menyalahi aturan yang tertera di dalam produk itu sendiri”, ujar Suhartono dengan tegas. (Tim).

Komentar
Content Protection by DMCA.com