TIPIKOR : Lurah Kepanjen Bisa Kena Hukuman 20 Tahun Penjara

0
25193

Malang,Sigap88-Kejari kabupaten malang hari ini menahan lurah Kepanjen gara gara pengelolaan aset tanah bengkok yang tidak sesuai prosedur peruntukannya.

Yoyok yudianto yang bertitle sarjana ekonomi langsung digelandang menuju Rutan Lowokwaru yang berada di kota malang sekitar pukul 11:00 wib dan diantar langsung oleh petugas Tipikor kejaksaan kabupaten malang.

Yoyok yudianto.SE yang menjabat lurah periode 2011-2016 itu di jerat dengan UU Tipikor karena dengan sengaja menyalah gunakan eks tanah bengkok yang tidak sesuai peruntukannya dan tidak bisa mempertanggung jawabkan atas perbuatannya,dan telah merugikan negara senilai 300 juta lebih menurut hitungan dari inspektorat kabupaten malang.

Salah satu pasal UU Tipikor untuk menjerat lurah kepanjen Sebagaimana diketahui pada Pasal 2 ayat (1) berbunyi:

“Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Pasal 3:

Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan Negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.(rud)

Komentar
Content Protection by DMCA.com