Tim Fasilitasi Kec. Gayam Lakukan Pembangunan ADD – DD Tahun 2020

17

Sumenep | Sigap88 – Dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2020, Tim Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan DD-ADD Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep, Madura telah menyelesaikan Monev untuk 10 desa yang ada di Kecamatan Gayam mulai tangal 7 Januari sampai 11 Januari 2021.

Saat membuka acara monitoring di desa Gayam Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Gayam Iqbal menyampaikan bahwa, Monev ini dilaksanakan merupakan suatu amanah yang telah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep.

“Sesuai dengan Peraturan Bupati Sumenep No. 77 Tahun 2017 dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Tingkat Kecanatan di bentuk Tim Fasilitasi yang mempunyai Tugas Memonitoring, Evaluasi dan nemberikan Pembinaan dalam Pelaksanaan Kegiatan di Desa yang di danai ADD/DD,” ucap Iqbal.

Iqbal menegaskan, Perangkat Desa harus lebih berperan aktif dalam menjalankan poksinya dalam membantu Tugas Kepala Desa, karena Perhatian Pemerinrah terhadap Perangkat Desa sudah besar dengan memberikan Penghasilan Tetap ( Siltap )

“Tidak ada alasan perangkat desa tidak masuk kantor dan tidak melaksanakan tugas dan fungsi pokok sebagai perangkat desa, karena tunjangan Perangkat desa telah di setarakan dengan pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II/a,” tegas Kasi Tata Pemerintahan Ikbal.

Dijelaskan oleh Iqbal sesuai dengan Permendagri No. 84 Tahun 2015, Kepala Seksi di Desa sebagai Pelaksana Teknis harus mampu menggerakan dan memberdayakan Masyarakat untuk ikut terlibat dalam Pembangunan di Desa

“Dalam Permendagri No 84 tahun 2015 sudah jelas bahwa sebagai perangkat desa harus mampu memberikan edukasi terhadao pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat ikut andil dalam pembangunan di desa tersebut,” terangnya.

Sementara, Kepala desa (Kades) Gayam H. As’ari, S. Pd menjelaskan, efektifitas pelayanan di desa Gayam cukup baik dikarenakan semua perangkat desa sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang ada.

“Perangkat desa telah menjalankan tugasnya dengan baik dan masuk Kerja dari Jam 07.00 WIB – 15.30 sehingga segala tugas pelayanan yang di berikan terhadap masing masing perangkat terlaksana dengan baik di Bidang Pembangunan, Pemberdayaan dan Pembinaan masyarakat,” urai Kades As’ari.

Acara Monev terakhir yang terlaksana di Balai desa Gayam pada hari Senen kemaren (11/1/2021) dihadiri oleh Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Gayam beserta staf, Kades Gayam dan seluruh Perangkatnya, Ketua BPD Gayam beserta Anggota, Babinsa Gayam dan Babinkantibmas Gayam. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE