Tentukan 1 Ramadhan 1440 H, Besok Kemenag RI Lakukan Sidang Isbat

0
724

Surabaya | SIGAP88 – Kementrian Agama(kemenag) telah menetapkan sidang Isbat untuk menentukan tanggal jatuhnya 1 Ramadhan 1440 Hijriah.

Pemerintah mengagendakan sidang Isbat untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah yang merupakan penanda bulan puasa.

Dilansir dari AntaraNews.com, Dirjen Bimas Islam Muhammad Amin mengungkapkan sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan akan dilaksanakan pada, Ahad  29 Syaban 1440 Hijriah bertepatan 5 Mei 2019.

Rencananya, sidang Isbat ini akan dihadiri beberapa pihak, diantaranya Majelis Ulama Indonesia(MUI), badan Meteorologi, Klimatologidan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Duta Besar negara sahabat serta wakil rakyat di DPR RI

PT Banner BaitiSholawat

Acara sidang Isbat sedianya akan dimulai sejak pukul 16.00 WIB yang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1440H.

Agenda utama sidang Isbat baru dimulai bakda Magrib berdasarkan laporan hasil Rukyatul hilal di berbagai wilayah di Indonesia.

Kementrian Agama telah menurunkan sejumlah tim di seluruh wilayah Indonesia untuk memantau posisi Rukyatul hilal di setiap daerah.

Setiap tim akan melakukan pemantauan Ruykatul hilal pada 29 Syaban 1440 Hijriah yaitu yang jatuh pada 5 Mei 2019.

Total ada 34 Provinsi di Indonesia yang melakukan pemantauan Rukyatul hilal di berbagai lokasi.(*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE