Tahun 2018, Angkutan Kapal Milik PT DLU Naik 30,1%

0
2336

Surabaya, SIGAP88 – PT Dharma Lautan Utama (DLU) hari ini, Sabtu(09/06) menggelar silahturahmi bersama dengan puluhan Wartawan dari berbagai media cetak dan online maupun televisi masih berlanjut.

Kegiatan yang dilakukan hampir rutin setiap tahun menjelang lebaran, melalui acara buka puasa bersama (bukber) bertempat  di salah satu rumah makan di Jalan Raya Gubeng Surabaya.

Acara yang di selenggarakan, dengan mengundang Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP).

Saat acara berlangsung, perusaahan jasa angkutan kapal penyeberangan laut seperti PT. DLU tidak lupa juga menginformasikan melalui media tentang kesiapan kegiatan DLU untuk membantu penumpang yang akan mudik lebaran ke kampung halaman di bulan ramadhan.

Direktur Utama DLU H.Erwin Pudjiono dalam sambutannya, tentang persiapan perusahaan kami yaitu untuk Angkutan pada tahun 2018 ini, dengan meliputi 3 (Tiga) kegiatan utama yakni, 1.Angkutan logistik menjelang lebaran, 2.Angkutan liburan sekolah, 3.Angkutan lebaran 2018.

Ketiga tujuan angkutan tersebut disesuaikan jadwalnya, dengan pertama melalui Lintas pendek H-7 sampai dengan H+7 (Tanggal 8-23 Juni 2018), dan Lintas panjang H-30 sampai dengan H+30 (Tanggal 16 Mei hingga 16 Juli 2018).

Jumlah armada DLU total 40 armada, dengan 25 Lintas penyeberangan dan 15 Lintas panjang. Dimana, Sebelumnya perusahaan telah menginstruksikan ke seluruh cabang melalui rapat koordinasi di solo pada tanggal 20-21, april-2018, dengan maksud tujuan yaitu, 1.Mempersiapkan sumber daya manusia, 2. Mempersiapkan seluruh armada kapal saat lebaran nanti dapat beroperasi dengan maksimal, juga 3. Mempersiapkan operasional kapal meliputi penjadwalan, pentarifan dan layanan serta yang utama Mempersiapkan aspek keselamatan pelayaran.

Sedangkan, untuk kapasitas angkut penumpang yang dipersiapkan ada banyak perbedaan, yaitu pada tahun 2017 lalu sebanyak 146.100 pax (Orang/Penumpang) namun ada kenaikan di tahun 2018 ini yakni 205.800 pax (Orang/Penumpang) sehingga terdapat kenaikan kapasitas angkut 40,8 %, dan untuk kapasitas angkut kendaraan yang akan dipersiapkan juga sama sama terjadi peningkatan, Dimana, tahun 2017 lalu telah diangkut sebanyak 11.404 unit kendaraan.

Namun, pada tahun ini rencananya akan mengangkut sebanyak 14.848 unit kendaraan sehingga terdapat kenaikan kapasitas angkut sebanyak 30,1%.

Sementara jadwal Embarkasi (Tujuan) dari Surabaya maupun dengan nama nama kapal, dalam hal ini PT DLU melayani 6 lintasan dengan 6 armada kapal seperti dari, 1.Surabaya ke Banjarmasin (KM Kumala dan KM Kirana IX), 2.Surabaya ke Balikpapan (KM Dharma Kartika IX), 3.Surabaya ke Batulicin (KM Satya lencana IX), 4.Surabaya ke Sampit (KM Kirana III), dan berikutnya Surabaya ke Kumai (KM Satya Kencana III)

Selanjutnya, PT DLU juga telah mempersiapkan tambahan alat keselamatan dan sudah menghimbau serta sosialisasi keseluruhan pengguna jasa seperti perusahaan ekspedisi agar tidak mengangkut maupun membawa barang barang berbahaya sesuai aturan yang ditetapkan.

Erwin menambahkan disela acara jumpa pers mengharapkan kepada Pemerintah agar juga dapat mengawasi maupun antisipasi terhadap para penumpang yang datang dari bandara karena di cancel saat membawa barang.

“Kami sangat berharap kepada pihak regulator (Pemerintah) ikut antisipasi juga terkait barang barang berbahaya yang di cancel naik pesawat hingga di usahakan lewat laut dan naik kapal, juga kami meminta agar nama yang tertera pada tiket harus sesuai identitas diri dan tidak membeli tiket di calo,” terang erwin.

” Mulai tahun ini juga PT DLU melayani sistem penjualan tiket penumpang dan kendaraan menggunakan System E-Ticketing (Secara Online) dan himbauan himbauan yang kami harapkan juga terhadap pemerintah pusat agar dapat mempersiapkan kesiapan petugas-petugas di lapangan pada angkutan penyeberangan maupun angkutan laut, juga kesiapan basarnas, BMKG agar memberikan informasi cuaca secara update”, terangnya (Don)

Komentar
Content Protection by DMCA.com