Sumenep Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Antisipasi Banjir

635

Sumenep | SIGAP88 – Dengan memakai perahu karet Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi. S.I.K M.IK Dandim Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna beserta Wakil Bupati Sumenep menyelamatkan pemuda yang tenggelam di sungai Kebunagung saat terjadi banjir. Selasa (7/1/2020)

Ketiganya sangat cekatan dalam mendayung perahu karet sehingga korban banjir bisa diselamatkan, selanjutnya tim medis dari Dinas kesehatan memberikan pertolongan terhadap korban bencana banjir.

Simulasi, tanggap bencana yang di ikuti tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Tagana, SAR, BPBD, Satpol PP, Dinkes, dan PMI Sumenep, menggelar simulasi untuk memastikan kesiapsiagaan penanganan bencana berjalan lancar.

Usai melakukan simulasi Kapolres Sumenep Deddy Supriadi menyampaikan, giat ini untuk meyakinkan bahwa personil yang tergabung di tanggap bencana ini sudah paham cara melakukan pertolongan terhadap korban bencana.

“Sebanyak 150 personil dari gabungan TNI-Polri BPBD Tagana dan unsur lainnya terlibat dalam simulasi untuk meyakinkan para personil paham dalam bertindak dan menyelamatkan para korban bencana,” kata Deddy.

Dalam simulasi yang digelar di Sungai Kebunagung, diskenariokan terdapat sekitar 20 korban banjir, empat diantaranya korban tenggelam dan patah tulang.

“Dalam simulasi ada 20 korban banjir dengan beda peran, yaitu 16 orang panik atas bencana banjir di sungai Kebunagung, dan 4 korban lainnya tenggelam, hal itu kita dituntut untuk memberikan pertolongan kepada para korban,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi simulasi yang di lakukan oleh TNI-Polri BPBD dan unsur yang lain, untuk mengantisipasi dini terjadinya bencana, baik Banjir, Longsor bahkan angin puting beliung.

“Kami atas nama Pemerintah daerah mengapresiasi giat simolasi tanggap bencana, yang di ikuti oleh semua unsur terkait dengan sinergitas persiapan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, sebagai bentuk antisipasi,”kata Fauzi. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE