Sinergitas Asper dan Polsek Kangean Upaya Tekan Illegal Logging

208

Sumenep | Sigap88 – Sinergitas antara Asisten Perhutani, Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (Asper/KBKPH) Kangean barat dengan Polsek Kangean dapat menekan terjadinya illegal logging.

Seperti yang di sampaikan oleh Asper/KBKPH Kangean barat Marinus, pihaknya selalu melakukan kordinasi dengan Polsek Kangean, bahkan sering pula melakukan patroli ke hutan untuk melakukan pengamanan dan pemantauan.

“Demi menjaga tidak terjadinya illegal logging, kami selalu melakukan kordinasi dengan Polsek Kangean,” kata Asper Marinus Jum’at (19/2/2021),

Selama tahun 2020 kata Asper Marinus pihaknya bersama Polsek setempat telah melakukan dua kali penangkapan terhadap pelaku illegal logging.

“Tidak ada pembiaran terhadap perusak hutan, jadi kami selalu sinergi dengan Polsek setempat dalam menindak terhadap pelaku illegal logging,” tutur Marinus.

Marinus menjelaskan, Hutan merupakan penyangga hidup dan kehidupan mahluk hidup bahkan hutan merupakan sumber daya yang sangat penting tidak hanya sebagai sumber daya kayu, akan tetapi lebih sebagai salah satu bagian komponen lingkungan hidup

“Hutan merupakan salah satu pusat keaneka ragaman hayati, sehingga butuh kebersamaan untuk melestarikannya,” terangnya.

Selain melakukan penindakan hukum, ada upaya yang telah dilakukan oleh Perhutani melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) untuk menggarap lahan perhutani dengan menanam jagung, padi.

Bahkan melalui LMDH bisa mengajukan kerja sama dengan Perhutani melalui program Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) .

“Melalui SK Kulin KK dari Kementerian maka nantinya masyarakat yang tergabung dalam LMDH dapat kesempatan menggarap lahan Perhutani selama 30 tahun dengan menanam tanaman di bawah tegakan,” kata Marinus.

Dengan demikian masyarakat bisa mendapat peningkatan ekonominya melalui garapan lahan perhutani. “Dengan sistem seperti itu maka saling menguntungkan bagi pihak masyarakat dan perhutani, SDM masyarakat akan meningkat sehingga, tidak akan terjadi lagi illegal logging,” harapnya.

Sementara Kapolsek Kangean IPTU Agus Sugito, SH, MH, mengatakan pihaknya akan menindak tegas kepada pelaku illegal logging.

“Siapapun dia yang telah melakukan illegal logging akan kami tangkap dan kami proses dengan hukum yang berlaku,” tegas Kapolsek Agus.

Untuk mengantisipasi terjadinya illegal logging kata Kapolsek Agus, Asper Kangean barat bersama TNI/Polri melakukan patroli di kawasan hutan baik hutan lindung maupun hutan produksi.

“Pidana pencurian hasil hutan diatur dalam Pasal 18 Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1985 dan Pasal 78 UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, yakni Barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf a, huruf b, huruf c, diancam dengan pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan denda paling banyak 5 milyar,.” pungkasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE