Sidak PT Garam, Komisi IV DPRD Sumenep Tinjau Tenaga Kerja dan UMK

619

Sumenep | SIGAP88 — Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh anggota Komisi IV DPRD Sumenep kepada Kantor PT Garam Persero Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Madura, Jawa timur bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak karyawan yang direkrut dan tentang UMK Jum’at (27/12/2019).

Anggota Komisi IV Samieoddin, S.Pd selesai melakukan Sidak mengatakan, kedatangan kami adalah melakukan pemantauan ke PT Garam Persero tentang jumlah pekerja juga UMK.

“Sejauh ini Pansus ingin tahu jumlah karyawan yang sudah di rekrut oleh PT Garam Persero dan lebih mengetahui UMK yang telah di berikan kepada karyawan,” Kata Samieoddin.

Labih dari seribu tenaga kerja kata Samieoddin yang bekerja di PT Garam persero kebanyakan dari Kabupaten Sumenep.

“Tenaga kerja yang di rekrut oleh PT Garam persero merupakan tenaga musiman, dan mengenai upah yang diberikan kepada tenaga kerja sebesar Rp 2 juta lebih, itu sudah melebihi dari UMK (Upah Minimum Kabupaten),” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Produksi Bahan Baku PT Garam Persero Kalianget, Sugiatno menyampaikan, kedatangan Anggota Komisi IV DPRD Sumenep untuk konsolidasi, koordinasi terkait status tenaga kerja.

“Kami PT Garam Persero tetap mengacu kepada Upah Minimum Provinsi (UMP) dan kami juga berkordinasi dengan Disnaker dalam segala hal seperti; perekrutan Karyawan juga mengenai upah yang akan di berikan kepada tenaga kerja,” katanya.

Bahkan dirinya mengatakan, setiap perekrutan karyawan kami selalu fleksibel karena kami harus merekrut tenaga yang benar – benar profesional, namun kami tetap mengutamakan tenaga dari wilayah sendiri.

“Tetap kami mengacu kepada profesionalisme karena ada bagian yang perlu ditangani oleh karyawan yang mempunyai skil dibidangnya,” tegas Sugiatno.

PT Garam Persero yang menerapkan Bisnis to Bisnis namun masih mengedepankan tenaga kerja. “Hal itu menjadi perhatian DPRD setempat. DPRD mengapresiasi dengan penerapan PT Garam Persero mengenai tenaga kerja,” ulasnya.

Bahkan dalam penentuan upah PT Garam Persero selalu melibatkan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep. “Kami selalu sinergitas dengan Disnaker dalam perekrutan karyawan dan penentuan upah karyawan,” pungkas Sugiatno. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE