Sengkarut Data KPM BLT-APBD Dinsos Sumenep, Ini Kata Camat Batang-Batang

29

Sumenep, Sigap88 – Data Bantuan Sosial (BLT-APBD) yang akan digulirkan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Sumenep, Madura mendapat protes dari salah seorang Camat dan Kepala Desa.

Pasalnya, data yang di serahkan oleh Desa melalui Kecamatan kepada Dinas Sosial tidak sesuai dengan data yang di terima oleh Desa.

“Sesuai dengan surat edaran dari pemerintah daerah melalui Sekretaris Daerah (Sekda) bahwa pihak pemerintah Desa harus mengajukan 50 KPM yang akan menerima bantuan sosial yang terdampak Corona, ” kata Camat Batang batang Ir Joko Suwarno.

Namun, data yang turun dari Dinas Sosial tidak seperti yang diharapkan. “Data yang turun tidak sesuai dengan yang diserahkan oleh Desa, dan jumlah yang ditetapkan oleh Pemerintah 50 KPM ada yang lebih dari ketentuan,” jelasnya.

“Data yang dari Dinas Sosial justru KPM yang tidak layak menerima Bantuan, ” tegas Joko.

Joko sangat heran dengan apa yang dilakukan Dinas Sosial, sesuai SK dari Bupati bahwa ketentuannya Desa mengusulkan 50 KPM kenapa muncul data yang bukan dari Desa, bahkan kenyataannya ada Desa yang lebih 100 KPM. ” ini ada apa kok Dinas Sosial seakan akan mempermainkan pihak Desa, padahal Desa yang lebih tahu keadaan masyarakat di Desa tersebut, apakah ada permainan dalam hal ini,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Sumenep Mih. Iksan saat ditemui di kantornya menyampaikan, sesuai dengan surat edaran Sekretaris daerah Kabupaten Sumenep bahwa pengajuan dari Desa mengenai

“Memang sesuai dengan surat edaran Sekdakab, Desa harus mengusulkan 50 KPM, namun ada unsur lain yang masuk ke kami dan harus kami kaji juga, ” kata Kadinsos Iksan.

Unsur lain itu kata Iksan diantaranya Guru ngaji, pedagang, pelaku seni, pedagang, petani, bahkan ada dari unsur LSM dan media.”Dalam penyeleksian ini kami tetap mengacu kepada by name by dres melalui Nik dan KK,” ucapnya.

“Walaupun unsur lain tersebut, tetap masuk melalui Desa yang sesuai dengan Nik dan KK, dan yang paling penting adalah mereka yang benar benar terdampak Covid-19,” tegasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE