Selesai Tepat Waktu, TPA Wonokerto Siap Dioperasikan

26

Pasuruan | Sigap88 – Proyek Pembangunan TPA Wonokerto, yang dikelolah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, dipastikan akan difungsikan pada awal 2021 mendatang.

Seperti yang pernah diucapkan Wakil Bupati Pasuruan pada sidak beberapa pekan lalu, bahwa pihaknya memastikan awal Januari 2021, TPA Wonokerto akan dioperasikan.

Pasalnya, proyek yang dianggarkan dari DBHCHT Tahun 2020 ini, sudah selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Hal itu terlihat dilokasi pekerjaan, pada Senin, (21/12). dari 18 item, proyek yang dikerjakan diatas lahan seluas kurang lebih 4,6 Hektar ini sudah rampung.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras tim yang ada dilapangan, kami bisa menyelesaikan dengan waktu yang ditentukan di dokumen kontrak,” Ungkap M. Munandar, Estimator Penyedia / Pemeliharaan Saluran Air Limbah Sanitasi dan Air Bersih (Pembangunan Penyediaan Tempat Pembuangan Akhir serta Pembangunan Sarana dan Prasarana TPA Wonokerto.

Meskipun begitu, dikatakan Munandar, terkait dengan kwalitas dalam pekerjaan TPA untuk mengalihkan sampah di TPA Kenep itu, sudah sesuai dengan apa yang tertuang di dokumen rencana kerja dan syarat – syarat (RKS).

Wakil Bupati Pasuruan bersama OPD Terkait, saat sidak lokasi dan mengapresiasi pembangunan TPA Wonokerto, beberapa pekan lalu

“Mutu dalam suatu pekerjaan, mengikuti dokumen yang tertuang di dalam RKS. ketika mendatangkan material, harus melalui pengujian terlebih dahulu. apabila tidak sesuai, kita kembalikan,” Terangnya.

Diketahui bahwa, ada 18 jenis pekerjaan fisik dan non fisik dalam proyek tersebut, yakni pembangunan gapura pintu masuk TPA, drainase jalan dan pagar, pembangunan jembatan (lanjutan) ke arah TPA, pembangunan pos jaga, peningkatan jalan ke oprasional TPA, drainase menuju TPA, pembangunan jembatan timbang dan kantor, pemeliharaan kontrol, pembangunan pagar dan TPT saluran, gudang alat berat garasi truk, garasi alat berat, tempat cuci alat berat, IPA (lanjutan) pembangunan Banggar dan ruang edukasi, serta pengeboran dan tandon air.

Menurut Munandar, pekerjaan yang meliputi 18 item ini, ada beberapa pekerjaan yang menjadi perhatiaannya, yakni kolam lindi atau Instalasi pengelolahan air limbah dengan Ketinggian 4, 5 Meter dan TPT.

“Pembesian pada kolam lundi, harus diperhatikan betul dan jangan sampai nantinya ada kebocoran. sedangkan TPT, kita berpacu dengan cuaca,” Ujar dia.

Munandar juga memaparkan, untuk pengadaan dan metodelogi dilapangan harus sesuai dengan rencana awal serta sesuai dengan penguasaan dalam penanganan penyedia dilapangan.

“Metode yang di gunakan sudah liniear terhadap item yang ada dan ini sudah sesuai dengan keahlian pelaksana yang ada di lapangan,” Paparnya.

Sesuai dengan kontrak kerja, M. Cahyo kurniawan ahli dibidang K3, Achmad sidiq hilmi ahli pelaksana jalan, Hardiansyah dibidang mekanical dan Joan wahyudi selaku operator serta Syachrul ulum bergerak dibidang logistik.

“Pointnya, Dinas terkait harus selektif dalam mendapatkan rekanan yang berkompeten dan kredibel, yang sesuai dengan keahliannya,” Harap dia.

Sementara, pihak penyedia juga melakukan CSR didepan Gapura, hal ini untuk menambah estetika muka TPA Wonokerto, “Penyedia melakukan CSR didepan Gapura masuk lokasi TPA, untuk menambah estetika TPA Wonokerto,” Pungkas dia. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE