Seleksi Pelukis Umum, Kodim 0823 Situbondo Jaring 4 Pelukis

0
0

Situbondo, SIGAP88 – Seleksi lukis antar pelukis umum yang diselenggarakan Kodim 0823 Situbondo, sukses menjaring 4 besar yang berhak dilombakan tingkat korem, Minggu (19/08).

Bertempat di Alun-alun Situbondo, Lebih dari 20 pelukis menunjukkan kebolehannya di atas kanvas berukuran 150 cm X 100 cm dimana para peserta berjibaku dengan kanvas mengekspresikan jiwanya.

Usai menyelesaikan karya bertema Kemanunggalan TNI dan Rakyat, dewan juri terdiri dari Reta Sulistiyana (Dewan Kesenian Situbondo), Irwan Rakhday (Suarajatimpost.com ) dan Kim La Capra (Indonesian Fire Effect, Bali) memilih para jawara.

Ketua Tim Juri Kim La Capra mengatakan bahwa lomba lukis ini merupakan program komunikasi sosial (komsos) dari Mabesad.

“Ini diselenggarakan di tiap-tiap Kodim, lalu hasil karya dilombakan di tingkat korem, kodam hingga mabesad. Tentu kita berupaya keras memilih yang berkualitas,” ujar pria asli Situbondo yang domisili di Bali selama 22 tahun itu.

Juara pertama, kata Kim, diraih Jonathan Bachtiar. Menurutnya, karya Jonathan sudah mencuri perhatian juri sejak proses awal.

“Karyanya terlihat berbeda .Jonathan berekspresi dengan gaya pop art. Ia mengeksplorasi gaya yang jarang digunakan pelukis pada umumnya. Simbol dan filosofi karya sangat mengena pada tema yang diusung. Dengan ini, Jonathan mendapat total nilai 1150,” pungkasnya.

Pandangan senada diungkap oleh Reta. Juri alumni ISI (Institut Seni Indonesia) Jogja ini mengatakan bahwa karya lukis harus berani mengeksplorasi aliran di luar keumuman.

“Karya beraliran realis maupun natural cenderung diusung banyak pelukis. Tapi bukan berarti karya yang beraliran ini tidak masuk nominasi,” jelasnya.

Pasiter Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf Sugeng Tarmuji menyebutkan bahwa lomba lukis tersebut juga merupakan sinergisitas TNI dengan rakyat.

“Komsos kreatif adalah salah satu kegiatan yang kita laksanakan berdasarkan instruksi dari pusat,” jelas Sugeng. (Ony)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE