Selamatan Desa Kendangdukuh – Pisah Kenang TK PKK Berjalan Khidmat

0
51

Pasuruan, Sigap88 – Desa Kendangdukuh kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan menggelar acara selamatan desa dan pisah kenang TK PKK Kedangdukuh yang dilaksanakan di balai desa setempat, Minggu (16/6/2019).

Acara selamatan desa yang dihadiri oleh warga setempat, tokoh warga desa dan tokoh agama ini berjalan dengan khidmat. terlihat antusias warga dalam mengikuti acara ini dengan penuh harapan desanya akan dijauhkan dari berbagai mara bahaya.

Dikatakan Khamim, selaku kepala desa Kendangdukuh, bahwa selamatan desa ini rutin dilakukan setiap tahun untuk meminta kepada sang pencipta atas segala karunia yang telah diberikan agar desa Kendangdukuh senantiasa dijauhkan dari berbagai mara bahaya.

“Acara selamatan desa di Kendangdukuh ini digelar setiap tahunnya, untuk meminta kepada sang pencipta agar supaya senantiasa desa kami dijauhkan dari berbagai mara bahaya, damai, aman dan sejahtera, ” ungkap Khamim.

Kades, Hamim beserta Istri saat foto bersama TK PKK V Kedangdukuh

Selain melakukan berbagai ritual keagamaan dengan berdo’a, dengan diiringi group drum band, kepala desa beserta seluruh perangkatnya di arak oleh seluruh warga desa, keliling desa dengan menaiki andong yang sudah dihiasi dengan berbagai pernak pernik layaknya sang raja yang sedang duduk di kereta kencana.

Selain dimeriahkan oleh hiburan Sound System Apung 86, warga juga mendapatkan kupon yang akan diundi untuk mendapatkan kesempatan hadiah menarik yakni, 1 buah kulkas, 1 buah televisi Led, 1 set speaker aktif polytron dan 6 buah sepeda gunung dan anak – anak serta puluhan hadiah lainnya.

Abdul Ghofur, merupakan warga sekitar mengatakan bahwa setelah melakukan acara selamatan desa, seluruh warga desa, kompak melakukan berbagai cara yang unik untuk memeriahkan acara sakral dan sekaligus uforia.

“Selain selamatan desa, acara ini juga merupakan pesta bagi warga desa sini untuk ikut memeriahkan dengan ikut serta dalam pawai dengan mengenakan berbagai kostum, ” Kata Abdul Ghofur.

Selanjutnya, acara pengajian digelar di balai desa pada sore hari, hal ini merupakan puncak dalam acara selamatan desa dan Pisah Kenang TK PKK V Desa Kendangdukuh, kecamatan Wonorejo kabupaten Pasuruan. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE