Selain di Malang, Densus 88 juga Amankan Terduga Teroris di Sidoarjo

0
11902

Sidoarjo – Tim Densus 88 Anti-teror Polri juga melakukan penangkapan terhadap dua terduga teroris lainnya di dua lokasi berbeda yakni Sidoarjo dan Surabaya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Komisaris Besar Muhammad Iqbal mengatakan, kepolisian juga melakukan penangkapan terhadap dua terduga teroris di dua tempat di Jawa Timur.

Selain di Malang, Densus 88 juga melakukan penangkapan di Sidoarjo dan Surabaya.

“Tim Densus 88 telah menangkap tiga terduga teroris di Jawa Timur hari ini,” kata M Iqbal saat dihubungi , Sabtu (9/12).

Untuk di Sidoarjo, satu terduga berinisial PDP alias Ipung yang tinggal di Kecamatan Porong, Sidoarjo. Ipung ditangkap sekira pukul 08.00 WIB di Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Menurut Iqbal, Ipung diduga merupakan anggota pentolan eks Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). Selain itu, Ipung juga terlibat dalam perencanaan pemboman kantor polisi di Surabaya pada tahun 2014.

“Ia juga diduga membeli dan menyiapkan bahan-bahan membuat bom,” katanya.

Selanjutnya, Muhaidin alias Abu Faros alias Deni ditangkap di Gang Gading, Jalan Kedinding Lor, Surabaya, Jawa Timur.

Baik Ipung maupun Mahaidin, keduanya juga pernah berangkat ke Suriah pada 2013.

Muhaidin juga diduga merupakan jaringan Abu Jandal.

Sementara, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, meski ber-KTP Surabaya, namun terduga teroris ini bersama keluarganya tinggal rumah kos di kawasan Perumahan Tanggulangin Asri-Sidoarjo sekitar 2 tahun lalu.

Himawan menegaskan, untuk membantu proses penyelidikan Densus 88 Antiteror yang melakukan penggeledahan rumah terduga teroris di Tanggulangin-Sidoarjo, pihak Polresta Sidoarjo saat ini tengah mengamankan lokasi rumah terduga teroris, sambil terus melakukan pemantauan disekitar rumah yang bersangkutan.

” Jadi memang benar ada penangkapan seorang terduga Teroris di Tanggulangin-Sidoarjo, di mana yang bersangkutan sesuai KTP adalah Warga Surabaya yang ngekos di Tanggulangin dan berprofesi sebagai penjual roti,” ujar Kombes Pol Himawan Bayu.

Sebelumnya diberitakan, Tim Densus 88 telah melakukan Penangkapan terduga teroris pada hari Sabtu (09/12) sekitar pukul 09.31 wib a/n Kiki Rizky Abdul Kadir alias Rizky Al Baiti alias Abu Ukasah 41 Thn di Jln Yulius Usman depan Alfamaret Kel Kasin Kec Klojen Kota Malang.

Tersangka An. Kiki Rizky als. Rizky Al Baiti als. Kiki als. Abu Ukasah merupakan kelompok Jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah sbg FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath(TIM)

Komentar
Content Protection by DMCA.com