Sekitar 130 Desa Di Kabupaten Sumenep Belum Melaporkan Serapan DD/ADD

0
258

Sumenep Sigap88- Pelaporan pertanggung jawaban penyerapan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa yang di terima oleh Dinas BPMP (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) kabupaten Sumenep, jawa timur masih mencapai sekitar 190 desa.

Pasalnya, hal ini di sampaikan oleh kepala Dinas BPMP kabupaten Sumenep Achmad Masuni, saat di temui oleh media Sigap88.com menyampaikan, sekitar 60 persen desa sekabupaten Sumenep yang sudah melaporkan pertanggung jawaban Dana desa dan Alokasi Dana desa.

“Kami masih menerima sekitar 60 persen dari total desa yang ada di kabupaten Sumenep, yang sudah melaporkan pertanggung jawaban Dana yang dialokasikan ke desa melalui DD dan ADD”, papar Masuni.

Laporan pertanggung jawaban, akan dilanjutkan menjadi pelaporan ke pusat untuk mengeluarkan dana yang 40 persen untuk termen terakhir.

PT Banner BaitiSholawat

“Pelaporan yang harus di terima oleh pusat dari BPMP kabupaten 75 persen dari total desa yang ada dan pencapaian out put 20 persen”, papar Masuni.

Sehingga apabila pencapaian tersebut terlaksana maka, dana yang 40 persen termen terakhir akan ditranfer ke rekening kas Daerah dan dilanjutkan ke rekening desa.

Dengan progres desa untuk mempercepat penggarapan maka, akan mempercepat pula realisasinya pembangunan yang dilaksanakan oleh desa.

“Dengan sistem padat karya yang diterapkan oleh desa akan memaksimalkan pelaksanaan pembangunan sehingga cepat terselesaikan”, tegas Kadis BPMP.

Masuni menghimbau kepada semua kepala desa agar berhati hati dalam pelaksanaan anggaran DD dan ADD karena hal ini akan mengakibatkan fatal kepada dirinya.

“Moniv akan dilaksanakan oleh Inspektorat dan pihak BPK sehingga apabila terjadi penyimpangan, harus mengembalika dana tersebut kepada pemerintah dengan jangka waktu yang sangat pendek”, pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE