Sebanyak 45 Rumah Warga Dapinda Tergenang Air

150

Sumenep | Sigap88 – Hujan deras dengan intensitas tinggi sejak Rabu malam hingga siang (24/2/2021) mengakibatkan sejumlah rumah warga dusun Jabbau desa Dapinda, Kecamatan Batang batang Kabupaten Sumenep, Madura tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

Bahkan ada 2 rumah penduduk atapnya sampai ambruk, akibat derasnya hujan sejak malam Rabu sampai siang.

Kepala desa Dapinda Sudahnan, saat di konfirmasi melalui seluler, membenarkan bahwa di wilayahnya sedang dilanda genangan air akibat minimnya saluran pembuangan air.

“Dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi dan minimnya saluran pembuangan air maka berakibat terjadinya genangan air setinggi lutut orang dewasa di dusun Jabbau,” kata Kades Dapinda Sudahnan.

Dijelaskan oleh Sudahnan bahwa akibat derasnya hujan mengakibatkan dua rumah yang tidak berpenghuni atapnya ambruk.

“Rumah milik Rahesam dan rumah Atnawiye atapnya ambruk dikarenakan tidak kuat menampung derasnya air hujan dengan taksasi kerugian sekitar Rp 10 juta,” kata Kades Sudahnan saat di konfirmasi melalui sambungan hp nya.

Menurut keterangan yang di sampaikan oleh Kades Sudahnan bahwa peristiwa genangan air tersebut merupakan peristiwa tahunan namun, saat ini yang paling parah.

“Wilayah dusun Jabbau merupakan wilayah dataran rendah di wilayah desa Dapinda dan di wilayah tersebut sangat sulit untuk dibuatkan saluran pembuangan air dengan sistem drainase dikarenakan tekstur tanahnya sangat labil,” ucapnya.

Dengan begitu, pihaknya berharap agar pemerintah daerah dapat mencarikan solusi tentang pembuangan air di dusun Jabbau dengan cara memakai pipa dengan ukuran besar. “Kami berharap ada solusi dari pemerintah daerah agar kejadian tahunan ini bisa teratasi,” harapnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE