Satpas Pasuruan Kota Terapkan SIM Online Bagi Pemohon Dari Luar Daerah

0
390

Pasuruan, Sigap88 – Semenjak diluncurkannya pelayanan SIM Online 2016 yang lalu, masyarakat semakin dipermudah dalam hal pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), baik itu perpanjangan maupun penerbitan Sim baru.

Keuntungan dengan adanya SIM online ini, selain masyarakat bisa melakukan perpanjangan, juga bisa membuat SIM baru di daerah yang bukan domisilinya.

Tapi khusus untuk pembuatan SIM baru, pemohon dianjurkan untuk mengurus ke daerah asalnya, terkecuali dalam keadaan mendesak, artinya apabila seseorang dari luar daerah yang bekerja di Pasuruan dalam waktu yang lama, sementara dia belum punya SIM, maka itu dianjurkan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Pasuruan Kota, AKP. Kadek Ary S.H, S.I.K saat dikonfirmasi media Sigap88.com membenarkan perihal tersebut, “iya benar, kalau dulu bikin SIM baru harus sesuai domisili yang sesuai dengan alamat KTP, tapi sekarang bisa dimana saja untuk perpanjangan maupun pengurusan SIM baru melalui SIM Online,” Urai Kadek sapaan Akrabnya.

Artinya saat ini apabila masyarakat Pasuruan sedang berada di luar kota, jadi mereka tidak harus kembali lagi ke Kota asalnya jika ingin memperpanjang SIM, begitu juga sebaliknya,
baik itu perpanjangan maupun pembuatan Sim baru, tapi syaratnya harus mempunyai e-KTP guna untuk memasukkan datanya.

Selain itu, lanjut Pria Kelahiran asal Bali ini juga menambahkan bahwa untuk pembuatan SIM baru, diprioritaskan bagi yang mendesak. Dan pemohon tetap melakukan ujian seperti biasa, “untuk pengurusan pembuatan SIM melalui online, alurnya sama saja kalau untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus melakukan ujian seperti halnya pemohon yang lain, hanya saja bisa dilakukan di semua wilayah, syaratnya pemohon sudah menggunakan KTP Elektronik (e-KTP),” tukasnya.

Harapan Kadek Ary, Jumlah pemilik SIM menjadi meningkat, sehingga para pengguna jalan tidak ada alasan lagi untuk tidak memilik SIM, karena pembuatannya semakin mudah, “untuk biayanya sama saja seperti biasa,” imbuhnya.

Mahesa yang berdomisili Surabaya yang turut merasakan mudahnya dalam proses pelayanan SIM Online di Satpas Pasuruan Kota, ” pelayanan SIM Online di sini enak, gak ribet, meskipun saya dari luar Kota masih bisa perpanjang SIM saya yang hampir habis masa berlakunya,” terangnya.

Di tempat terpisah, Baur SIM, Aiptu Fatkhul Anwar juga menyampaikan hal yang sama bahwa untuk pemohon SIM baru dimanapun tempatnya, asal punya e-KTP boleh, tetapi itu tergantung dari kuota bahan materialnya memenuhi atau tidak, jikalau bahan materialnya terbatas, kita anjurkan mengurus ke daerah asalnya, kecuali itu sifatnya mendesak,“ tutupnya. (Fiq/Gun)

Komentar
Content Protection by DMCA.com