Sambutan Bupati Mesuji Dalam Rangka Peringati Hari Otoda ke-23 – Hardiknas

0
1305

Mesuji sigap88- Dalam rangka peringati hari Otonomi Dserah (Otoda) dan hari pendidikan Nasional (Hardiknas) kecamatan Simpang Pematang kabupaten Mesuji Provinsi Lampung menggelar upacara bendera.

Ade Erlina Indah, ST yang menyampaikan sambutan dari Bupati Mesuji dan sekaligus menjadi Inspektur upacara (Irup) menyampaikan, kita baru saja melaksanakan pesta Demokrasi, yang aman dan lancar dan sukses.

Dalam pembacaan sambutannya itu Erlina menyampaikan, Perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai.

“Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, di mana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya”, ucap Erlina membacakan.

Pelaksanaan Otonomi Daerah adalah terwujudnya kesejahteraan Masyarakat melalui peningkatan layanan, serta partisipasi aktif Masyarakat.

Di samping itu, diharapkan Daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan, serta potensi keanekaragaman Daerah.

Sedangkan, tema Otonomi Daerah tahun ini adalah Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif.

“Tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan, dan kesejahteraan Daerah”, paparnya

Lalu, melalui Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 ini, saya mengajak kita untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta Pemerintah Daerah dengan DPRD dan Masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.

Hari ini juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang di ambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh Nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini, mengambil tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

“Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan”, paparnya.

Bahkan Erlina menambahkan, Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif memasuki era Revolusi Industri 4.0 ini.

Selanjutnya, atas nama Pemerintah, izinkan Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan, Ibu dan Bapak pendidik, tenaga kependidikan, pegiat literasi, dan kontributor pendidik lainnya yang telah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas, berkarakter kuat, dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. (Paidi)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE