Rutan Kangean Menjadi Rutan Kelas III, Berpenghuni 28 Napi

345

Sumenep | Sigap88 – Rumah Tahanan (Rutan) Kangean yang sebelumnya merupakan cabang rutan, kini setelah ada perubahan nomenklatur maka Rutan Kangean meningkat menjadi Lapas kelas III.

Kapala Rumah Tahanan Kelas III Kangean Sugiantoro saat di ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, Alhamdulillah Rutan Kangean yang sebelumnya hanya menjadi cabang Rutan kini sudah berubah menjadi Rutan Kelas III.

“Sebelum tahun 2017 Rutan Kangean adalah Rutan Cabang, dan diwaktu itu penghuni rutan hanya berisi 1,” kata Sugiantoro. Jum’at 20/03/2020.

Dengan hal tersebut, kami dengan rekan rekan mencoba mengaktifkan Rutan Kangean, sehingga lambat laun penghuni Lapas (Lembaga kemasyarakatan) mulai meningkat. “Setelah segala administrasi berjalan dengan baik dan penghuni lapas sudah ada maka Kanwil (Kantor wilayah) memberikan rekom kelayakan Rutan Kangean menjadi Rutan kelas III,” terangnya.

“Nomenklaturnya sudah keluar dari pusat, atas pengajuan Kanwil, sehingga rutan Kangean menjadi Rutan Kelas III,” ucap Sugiantoro.

Dijelaskan oleh Sugiantoro, Rutan Kelas III Kangean saat ini mempunyai penghuni 28 Napi (Narapidana) yang kesemuanya dari luar Madura dengan kasus yang berbeda beda.

“Petugas Lapas Kelas III Kangean yang sebanyak 19 orang memberikan pembinaan kepada ke 28 warga Lapas dengan memberikan keterampilan, seperti keterampilan mebeler, perkebunan, kerajinan layangan dan kerajinan merajut,” ungkapnya.

Selain itu, Sugiantoro memaparkan pula, penghuni Lapas Kelas III Kangean setiap 2 kali dalam seminggu diberikan pencerahan, bimbingan kerohanian dari Kemenag.

“Kami sudah MoU dengan Kemenag, setiap 2 kali dalam seminggu di hari Rabu dan Jum’at memberikan siraman rohani kepada warga Lapas Kelas III Kangean,” jelasnya.

Tidak itu saja, untuk meningkatkan kesehatan warga lapas selalu digiatkan untuk oleh raga dan diperhatikan makanannya. “Dalam tahun ini ada 2 warga Lapas yang akan mengakhiri masa tahanannya, semoga semua warga Lapas bisa merubah prilakunya setelah kembali kemasyarakat,” harap Sugiantoro.

Disinggung tentang kelayakan Rutan Kangean menjadi Rutan Kelas III Sugiantoro menjelaskan, kami akan meningkatkan segala administrasi dan pelayanan sehingga rutan Kangean ini benar-benar layak menjadi Rutan Kelas III. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE