Rampungkan Pembangunan DD Tahap 1 TA 2019, Desa Sadengrejo Budidayakan Anggrek

0
56

Pasuruan, Sigap88 – Dana desa diadakan untuk pemerataan pembangunan desa yang tertinggal agar lebih maju dan pemerintah desa bisa lebih sanggup melayani kebutuhan warga, sekaligus warganya lebih aktif berinisiatif. Sedangkan Salah satu wadah untuk memajukan ekonomi desa adalah Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

BUMDes pada dasarnya merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial.

Hal ini sesuai dengan tujuan pendirian sebuah Bumdes pada umumnya, yakni Meningkatkan Perekonomian Desa, Meningkatkan Pendapatan asli Desa, Meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Empat tujuan pendirian Bumdes itu sudah seharusnya melekat pada visi-misi sebuah pemerintahan desa untuk kemudian menjadi sikap dan dedikasi semua kepala desa dan perangkatnya.

Seperti yang dilakukan desa Sadengrejo, kecamatan Rejoso kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang terus melakukan berbagai inovasi melalui pembangunan desa untuk menjadikan desa Sadengrejo yang maju serta mampu bersaing dengan desa – desa yang sudah berdikari melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pasca dilaunchingnya sebuah rumah yang diberi nama ‘Omah Anggrek’ sejak awal Juli 2019 yang merupakan kelompok Petani anggrek yang ada di desa Sadengrejo, Abd. Kodar selaku kepala desa setempat mengatakan, usaha budi daya yang di anggarkna dari dana desa (DD) tahap 1 tahun 2019 ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga Sadengrejo yang mayoritas petani serta bisa meningkatkan pendapatan asli desa.

” ‘Omah Anggrek’ ini di danai oleh Dana Desa tahap 1 tahun 2019, semoga dengan usaha budidaya anggrek ini mampu meningkatkan kesejahteraan warga Sadengrejo yang mayoritas petani, serta bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” Kata Kades Sadengrejo, Abd. Kodar, Kamis (11/7/2019) di ruang kerjanya.

Sementara itu, dikatakan M. Ainul Yaqin, Sekdes Sadengrejo, pembangunan yang dianggarkan dari dana desa tahun 2019, untuk tahap sudah terealisasi, yakni Pertanian plasma rumah anggrek, Drainase cor, Jalan paving dan Paravet yang kesemuanya merupakan fasilitas yang dibutuhkan oleh warga.

“Pembangunan yang di anggarkan dari dana desa (DD) tahap satu, tahun 2019 sudah terealisasi semua yang berupa fisik pembangunan Pertanian plasma rumah anggrek, Drainase cor, Paving dan Paravet sesuai dengan kebutuhan warga,” Ungkap Ainul Yaqin. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE