PT KAI Luncurkan KA Angkut Limbah B3

0
6788

Di klaim ANGKUTAN Limbah Pertama di Indonesia

Surabaya, SIGAP88 – PT Kereta Api Logistik (KALOG) yang merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) hari ini, Kamis, 9 Agustus 2018 meresmikan layanan distribusi limbah dengan moda Kereta Api (KA) serta kegiatan penunjangnya seperti lift on dan lift off (bongkar/muat) angkutan.

Distribusi ini diklaim menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

KA limbah ini diluncurkan atas kerjasama PT KAI dengan PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI).

Peluncuran ditandai dengan pemberangkatan KALOG tersebut yang membawa rangkaian 10 gerbong datar atau 20 Teus angkutan limbah B3 (bahan berbahaya beracun).

“Ini merupakan kereta api limbah satu-satunya di Indonesia,” sebut Plt Direktur Utama Kalog PT KAI, Junaidi Nasution, di sela – sela acara peluncuran KA di Stasiun Kalimas Surabaya

Junaedi menjelaskan hal ini ditujukan untuk menciptakan angkutan limbah yang ramah lingkungan dan efisien baik dalam kapasitas angkut dan waktu tempuh.

“Kereta api limbah ini bakal beroperasi dua kali seminggu dengan rute dari Stasiun Kalimas, Surabaya menuju Stasiun Nambo, Bogor.” kata dia

Sementara, Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono mengungkapkan pada sisi operasional, KALOG bersama KAI dan PPLI telah mempersiapkan prosedur untuk memastikan keamanan angkutan diantaranya dengan pengawalan personil bersertifikasi penanganan limbah untuk setiap perjalanan.

“KA ini akan berhenti di beberapa stasiun pemberhentian untuk pemeriksaan ulang keamanan angkutan,” tambah Sugeng.

Selain pengawalan, KALOG juga telah memfasilitasi emergency shelter yang dilengkapi dengan tool kit untuk penanganan situasi emergensi angkutan, baik di stasiun Kalimas maupun stasiun Nambo.

KA limbah ini juga bisa memangkas waktu tempuh pengiriman limbah dari Surabaya ke Bogor.

“Sebab kereta ini hanya butuh waktu tempuh 15 hingga 16 jam saja. Sedangkan jika menggunakan angkutan darat jenis truk, membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.” jelas Sugeng (Don/Yos)

Komentar
Content Protection by DMCA.com