Psikologi Biro SDM Polda Jatim Berikan Trauma Healing Bagi Masyarakat Korban Gempa Sapudi

0
190

Sumenep sigap88 – Masyarakat terdampak Gempa bumi yang di alami oleh masyarakat kepulauan Sapudi di dua kecamatan, Gayam dan Nong gunung mendapat trauma healing dari Psikologi Biro SDM Polda Jatim

Kegiatan yang diselenggarakan oleh tiem Psikologi Biro SDM Polda Jatim di tenda darurat yang terletak di lapangan sepak bola dusun Jambusok desa Prambanan kecamatan Gayam kabupaten Sumenep pada hari Minggu 14/10/2018.

AKP Ratih, sebagai instruktur memberikan pembelajaran atau trauma healing kepada masyarakat kotban gempa Sapudi, agar supaya masyarakat tidak ingat dengan peristiwa yang pernah dialami (gempa).

Langkah yang di lakukan kepada masyarakat memberikan semangat dan dorongan untuk tetap bersemangat dan kembali malaksanakan aktifitas masing masing.

“Apabila terjadi sesuatu peristiwa yang seperti kemaren (gempa) yang harus di lakukan sesegera mungkin sanak keluarganya di selamatkan terlebih sahulu dengan pergi ke tempat lapang”, jelas AKP Ratih.

Kejadian ini merupakan cobaan dari yang maha Kuasa sehingga semua itu pasrahkan kembali kepadanya dengan banyak berdoa memohon perlindungan kepadanya.

Selain itu tim Psikologi Biro SDM Polda Jatim memberikan pendidikan dengan cara interaksi langsung kepada Anak anak dampak gempa Sapudi.

“Dengan Trauma healing agar supaya anak terdampak gempa tidak akan mengingat lagi peristiwa yang pernah dialami”, ujar AKP Ratih.

AKBP Sa’id Rifai kepala bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim mengatakan, kami dari Polda jatim menerjunkan tim sebanyak 6 personel bagian psikologi Biro SDM.

Melihat dari keberadaan masyarakat dan anak anak terdampak gempa indikatornya kecil, nampak dari rona wajah masyarakat dan anak anak begitu ceria.

“Dari hasil kegiatan yang telah kami lakukan, disimpulkan bahwa indikator dari para masyarakat dan anak anak begitu ceria sehingga dampak gempa terkait dengan psikologinya ringat”, jelas AKBP Said

Diharapkan masyarakat terdampak gempa akan kembali normal, dampak psikologinya akan kembali seperti sedia kala, dan cepat beraktifitas kembali. (Ong)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE