Program JALIN MATRA Sangat Bermanfaat Untuk Warga Desa Sumber Canting 

0
104

Bondowoso,  sigap 88 – Dalam rangka menuntaskan kemiskinan yang ada diwilayah indonesia,  khususnya provinsi jatim. Pemerintah jawa timur berkomitmen untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan yang berpusat pada rakyat ( people centered ) yang inklusif dan mengedepankan partisipasi rakyat.

Maka dari itu pemerintah dengan berbagai cara dan program untuk menuntaskan angka kemiskinan tersebut seperti program gubernur jawa timur dalam RPJPD (Rencana pembangunan jangka panjang daerah ) yaitu dengan meng aplikasikan program JALIN MATRA ( jalan lain menuju mandiri dan sejahtra).

Program Jalin Matra yang masuk ke kabupaten kabupaten berada dibawah naungan Provinsi Jawa Timur diantaranya di Kecamatan Botolinggo Desa Sumber Canting.

Dan dengan program jalin matra ini, masyarakat Desa Sumber Canting sudah merasakan dampak langsung atau manfaat besar dengan adanya program jalin matra tersebut pada tahun 2017 ini.

Ditempat terpisah tim media SIGAP88 yang menjumpai beberapa warga RTSM penerima bantuan jalin matra mengatakan kepada awak media ini.

“Kami selaku warga desa sumber canteng dan mewakili semua warga penerima bantuan dari program ini mengucapkan terima kasih dan kami sangat bersyukur kepada yang maha kuasa, karena pemerintah sangat peduli dengan keadaan kami ini , melalui program ini kami bertambah semangat untuk mengubah taraf ekonomi kami supaya lebih baik lagi, tuturnya.

Ditempat lain ketua TPK dari program jalin matra Haryono mengatakan kepada media ini.

“Bahwa dirinya bersama kepala desa dan tim TPK lainnya telah berkomitmen untuk melaksanakan program tersebut sesuai dengan juknisnya dan harus tepat sasaran sehingga program ini benar benar bisa mengangkat taraf ekonomi warga kami sesuai dengan visi dari pemerintah provinsi, ujarnya.

Lebih lanjut Haryono menjelaskan mengenai soal tehnik kami sudah memberikan barang dan bahan bantuanya kepada yang berhak atau RTSM penerima sebanyak 174 kk.

“Jadi di media SIGAP88 ini kami mau meluruskan, kalau ada temen media atau LSM yg menyatakan bahwa kami hanya menyalurkan bantuan hanya ke 150 KK, itu tidak benar sama sekali. Karena kami sudah ada data dan dokumen para penerima bantuan tersebut”.

“Dan pada waktu serah terima bantuan kepada para RTSM satu persatu penerima sudah adadi dokumentasi fotonya”, tuturnya.

Haryono juga menambahkan, bahwa dalam proses pelaksanaan pemberian bantuan tersebut ada sebagian yang belum full terpenuhi karena barangnya masih kami pesan dan indent jadi untuk mencukupi target dari barang bantuan tersebut kami masih menunggu barang barang tersebut maka dari itu kami sangat menyayangkan kalau ada asumsi asumsi negatif terkait dengan pekerjaan kami selaku tpk dalam program jalin matra ini.

“Karena kami dan kades Sumber Canteng sudah berkomitmen untuk mensukseskan program ini dengan asas tranparan, akuntabel , dan bertanggung jawab demi meningkatkan kesejahteraan warga desa kami ini mas, tutur ketua tpk pada saat dikonfirmasi oleh media ini.

Maka dari itu kita sebagai control sosial harus berperan aktif untuk mensukseskan program ini demi tercapainya cita cita mulia pemerintah provinsi jatim untuk meningkatkan kesejahtraan warganya khususnya di desa sumber canteng ini. ( tim )

Komentar
Content Protection by DMCA.com