Presiden Jokowi Mantu

0
934
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (kiri) dan menantunya Selvi Ananda (ketiga kiri) menyaksikan prosesi pemasangan cincin kawin saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu (kedua kanan) dan Bobby Nasution (kedua kanan) seusai ijab kabul di Gedung Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww/17.

Solo – Presiden Joko Widodo menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, hari ini, Rabu (8/11/2017) di Gedung Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto No.80 B, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah. Ijab kabul dijadwalkan berlangsung pukul 09.00 WIB-10.15 WIB.

Presiden Jokowi telah secara resmi meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjadi saksi dalam akad nikah purtrinya ini.

Setelah akad nikah, digelar resepsi pernikahan yang dilangsungkan dalam empat sesi.

Sesi pertama dilakukan pukul 10.30 WIB-11.30 WIB dan sesi kedua dilaksanakan pukul 12.00-13.00 WIB di Gedung Graha Saba Buana.

Kemudian akan dilanjutkan dengan sesi malam, dimulai pukul 18.30 WIB-19.30 WIB, sesi kedua malam dilaksanakan pukul 20.00 WIB-21.00 WIB.

Jokowi mengundang 8.000 tamu dalam acara ini, sejumlah tokoh penting juga hadir. Saat resepsi, Wapres JK menjadi orang pertama yang berfoto dengan calon mempelai Kahiyang-Bobby. Disusul presiden ketiga RI BJ Habibie, presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Tokoh lain yang berfoto dengan Kahiyang-Bobby yakni Sinta Nuriah Wahid dan Try Sutrisno. Sejumlah pimpinan lembaga negara juga hadir, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapto Odang dan Ketua DPR Setya Novanto.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno mengungkapkan bahwa sebagian besar menteri berkunjung ke Solo untuk menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu hari ini.

Jokowi juga mengaku tak mengundang satu pun kepala negara sahabat, tetapi memilih mengundang warga Solo dan sekitarnya.

Para tamu diantar oleh becak dari kantung parkir menuju Gedung Graha Saba Buana yang berjarak kurang lebih satu kilometer. Sebanyak 50 becak anggota dari Forum Komunikasi Keluarga Becak (FKKB) Kota Solo telah disiapkan untuk melayani tamu undangan dalam acara resepsi pernikahan Kahiyang.

Para pengayuh becak tidak mendapatkan tugas secara khusus melainkan hanya mengantar tamu dari titik penjemputan di kantung parkir, yaitu Lapangan Sumber dan Banyuayar menuju ke Gedung Graha Saba Buana, seperti mengutip Antara.

Terkait pengamanan selama prosesi pernikahan, Panglima Kodam IV/Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah telah memeriksa pasukan yang mencakup 5.453 personel serta kendaraan pengawalan dan kendaraan taktis untuk pengamanan tamu VVIP dan VIP di Solo itu.

Menurut putra pertama Jokowi sekaligus juru bicara keluarga, Gibran Rakabuming Raka semua vendor yang mengisi pernikahan Kahiyang-Bobby adalah vendor istimewa karena merupakan orang-orang yang profesional dan sudah berpengalaman untuk mempersiapkan acara pernikahan.

“Untuk tata rias ada ibu Maryono, Topo Broto, dan Santi. Dekorasi mulai dipersiapkan pada Minggu (5/11/2017) malam. Pembawa acara empat orang, Taufik, Slamet Abi, Umi, dan Widarsi. Teman-teman vendor ini, semuanya masuk dalam paket Katering Chili Pari,” kata Gibran.

Katering Chili Pari untuk kuliner sudah menyiapkan aneka masakan tradisional seperti nasi tumpang yang akan disajikan saat siraman, nasi liwet saat midodareni dan beraneka ragam menu untuk resepsi seperti nasi gudeg, serabi, ledre, martabak Markobar dan macam-macam dengan konsep prasmanan.

Prosesi pernikahan anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dilakukan dengan adat Jawa dimulai sejak kemarin, Selasa (7/11/2017) pagi. Acara dimulai kemarin dengan pemasangan bleketepe, siraman, kemudian malam midodareni, hari ini berlangsung akad nikah dan resepsi.(ant/tirto)

Komentar
Content Protection by DMCA.com