Pos Koramil 0822/02 Binakal, Pendampingan Imunisasi Difteri

0
15

Bondowoso, SIGAP88 – Imunisasi adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah bahaya difteri. Terlepas dari berbagai kontroversi yang muncul, namun data membuktikan jika sejauh ini imunisasi dengan pemberian vaksin adalah cara yang paling ampuh dan efektif untuk mencegah dan menanggulangi wabah penyakit difteri.

Di tahun 2017 ini, hingga bulan November sudah tercatat 593 kasus difteri di Indonesia dengan 32 penderita meninggal dunia.

Dari seluruh penderita yang terserang difteri tersebut 66% diantaranya tidak mendapat imunisasi, 31% imunisasi tidak lengkap, dan 3% penderita dengan imunisasi lengkap. (sumber: Ditjen P2P Kemenkes).

Data menunjukkan proporsi terbesar penderita difteri di Indonesia tahun 2017 ini adalah mereka yang tidak mendapat imunisasi sama sekali, kemudian disusul oleh mereka yang mendapat imunisasi tapi kurang lengkap, dan sebagian kecil penderita yang mendapat imunisasi lengkap.

Untuk itu puskesmas Kecamatan Binakal menyelenggarakan imunisasi difteri ke semua desa dan sekolah. Dengan harapan tidak ada lagi kasus penyakit difteri di kecamatan Binakal.

Koramil Binakal mendukung penuh dan siap membantu pelaksanaan kegiatan ini. Semoga generasi mendatang adalah generasi sehat penerus bangsa. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. (Supri).

Komentar
Content Protection by DMCA.com