Polres Sumenep Musnahkan 162 Knalpot Brong

551

Sumenep | Sigap88 – Polres Sumenep, Madura melakukan pemusnahan 162 Knalpot brong hasil operasi dari bulan Desember sampai awal Februari 2020.

Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, S.I.K, M.I.K memimpin langsung pemusnahan knalpot brong dengan cara pemotongan knalpot memakai mesin pemotong, yang terselenggara di halaman Mapolres Sumenep jalan Urip Sumoharjo Nomer 35 desa Pabean, Sumenep. Senin (10/2/2020).

AKBP Deddy menyampaikan, Polres Sumenep selalu intens dalam melakukan penindakan yang sifatnya pelanggaran kendaraan bermotor, seperti penggunaan knalpot brong.

“Yang paling dominan penindakan pelanggaran terhadap kendaraan bermotor adalah kenalpot brong,” kata Kapolres Deddy.

Sebelumnya, kata Kapolres sudah dilakukan himbauan kepada semua pemakai kendaraan bermotor, sesuai UU Nomer 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan raya. “Pasal 45, setiap kendaraan bermotor wajib mengikuti spesifikasi kendaraan bermotor yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Maka, selain berpengaruh terhadap ketertiban umum, dalam kelanjutan penindakan dilakukan pemotongan secara langsung terhadap knalpot yang kendaraannya telah selesai sidangnya. “Ada sebanyak 162 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong dan sebanyak 34 kendaraannya sudah di serahkan kepada pemiliknya karena proses sidangnya telah selesai,” terang Deddy.

Kapolres juga menjelaskan, persyaratan pengambilan kendaraan harus di sertai, STNK, BPKB dan menyerahkan hasil sidang.

Bahkan, Kapolres juga menghimbau kepada penjual knalpot brong, karena bagaimanapun juga barang tersebut tidak sesuai dengan persyaratan yang di maksud dalam UU yaitu SNI.

“Knalpot brong tidak hanya dipergunakan untuk balapan liar saja, akan tetapi secara khusus dipergunakan kepada pembalap lokal di arena balap,” ungkapnya.

Sehingga, diperlukan ketelitian dan secara selektif untuk menjual knalpot brong kepada orang yang benar benar untuk kebutuhannya (balap di arena).

“Kalau hal tersebut tidak di indahkan, maka kami akan menindak pula penjual knalpot brong,” pungkasnya. (Roby)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE