Petugas Imigrasi Blitar Amankan Tukang Pijat

0
46

Tak Miliki Dokumen

Blitar – Kantor Imigrasi kelas II Blitar telah mengamankan seorang warga Myanmar berinisial MT.

Pria 44 tahun yang membuka praktek pijat alternatif itu diketahui tinggal di Blitar sejak tahun 2006 silam tanpa memiliki dokumen resmi.

MT mengaku sebagai salah satu pengungsi konflik Rohingya.

Kepala Kantor Imigrasi kelas II Blitar, I Nyoman Gedhe Surya Mataram mengungkapkan bahwa MT telah berkeluarga dengan wanita asal Desa Krajan Ngadipuro Wonotirto Kabupaten Blitar dan telah dikarunia empat orang anak.

“Keberadaan MT sebelumnya terdeteksi Timpora Imigrasi Kelas II Blitar saat dia membuka praktek pijat alternatif di Jalan Palem nomer 45 Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar” beber Nyoman, Rabu,(22/11) saat jumpa pers.

Lanjut Nyoman, pengakuan MT sebagai pengungsi Rohingya, kami masih akan berkoordinasi dengan pihak Internasional of Migrant (IOM) dan UNHCR.

Masih kata Nyoman, kronologis penangkapan MT berkat laporan warga dan kami melakukan penyamaran sebagai pasien pijat

“Kami menerima laporan, lalu menyamar sebagai pasien untuk pijat. Setelah kami ajak ngobrol, ternyata yang bersangkutan tidak punya dokumen resmi sama sekali. Lalu kami bawa ke Detensi di Kanim Kelas II Blitar,” ungkap Nyoman

Lanjut Nyoman, Pihaknya memiliki waktu selama 30 hari. Kalau kedutaan Myanmar mengakui sebagai warga negaranya, berarti bisa dideportasi.

“Masalahnya Myanmar tidak mengakui etnis Rohingya sebagai warga negara mereka. Kalau tidak ada respon, pihak Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya akan menginformasikannya ke Internasional of Migrant dan UNHRC,” terangnya

Nantinya UNHCR akan mengklarifikasi tempat asal usulnya dan yang akan menentukan statusnya, apakah bisa dikategorikan pengungsi atau bukan.

“Karena sudah tinggal di Indonesia cukup lama dan punya keluarga, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi jika akan menjadi WNI. Selama dia tidak punya dokumen resmi, ya tidak bisa,” tegasnya. (Don/Yud/BO)

Komentar
Content Protection by DMCA.com
BACA JUGA  Habis Belanja,Warga Sawojajar Alami Nasib Sial