Perlancar Perekonomian, Desa Sumurup Giat Bangun Infrastruktur

0
25

Trenggalek, SIGAP88 – Program Dana Desa yang di turunkan pemerintah memberikan kesempatan yang luas untuk pemerintah Desa untuk membangun Desanya masing masing.

Pemerintah Desa di harapkan dapat memanfaatkan Dana Desa dengan tepat sehingga kedepannya pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi, dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Perlu di ketahui Dana Desa adalah Dana yang bersumber dari APBN, yang di peruntukkan bagi Desa atau Desa Adat yang di transfer melalui APBN kota atau kabupaten dan di gunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat serta kemasyarakatan.

Hal itu sesuai dengan amanat Undang_undang No.06 Tahun 2014 tentang Dana Desa. Dimana pemerintah mengalokasikan Dana Desa melalui mekanisme transfer kepada setiap Desa berdasarkan jumlah penduduk 30%, luas wilayah 20% dan angka kemiskinan 50%.

Hasil perhitungan tersebut di sesuaikan juga dengan tingkat kesulitan geografis masing_masing Desa. Dalam hal itu pemerintah Desa Sumurup juga terus membangun wilayahnya untuk mewujudkan kesejahteraan warga dan meningkatkan perekonomianya.

Desa Sumurup merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek dengan mayoritas penduduk sebagai petani dan kondisi geografisnya berupa pegunungan.

Untuk itu menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Desa untuk membangun infrastruktur yang baik dan memadai. Seno selaku Kepala Desa Sumurup saat di temui wartawan sigap 88 mengatakan.

“Alhamdulilah dengan adanya Dana Desa ini kami pemerintah Desa sangat terbantu. Untuk Tahun 2018 ini Dana Desa kami prioritaskan untuk membangun rabat jalan, mengingat geografis Desa kami yang notabene adalah pegunungan”.

“Salah satu contohnya rabat jalan yang ada di Rt.28 dan Rt.29 sepanjang 550 meter dengan total anggaran 200 juta”, tuturnya.

Hal itu di benarkan oleh Arif Wibisono selaku tim pengelola kegiatan (TPK), lebih lanjut Arif mengatakan “Alhamdulilah untuk tahun 2018 semua kegiatan dan program yang menggunakan alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa semua berjalan lancar”.

“Untuk kedepannya kami akan berusaha melaksanakan semua program agar lebih baik, tentunya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah di tetapkan”, katanya seraya tersenyum.

Sementara itu Jarwoto (SEKDES) yang juga sebagai verifikator juga membenarkan hal tersebut, mengatakan “Bahwasanya penggunaan anggaran Dana Desa dari terminal 1 sampai 3 semuanya terserap dengan baik dan tepat sasaran tanpa ada kendala, baik dari segi administrasi dan pengerjaan di lapangan”.

“Harapan kami mudah mudahan masyarakat bisa menikmati, menggunakan dan tentunya bisa merawat jalan dengan baik, sehingga roda perekonomian semakin lancar dan taraf hidup masyarakat semakin meningkat”, tandas Sekdes Muda penuh energik tersebut. (Jok)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE