Peran Serta Desa Tonduk Dalam Rangka Pameran Pembangunan Tahun 2018

99

Sumenep sigap88- Desa Tonduk yang merupan sebuah desa yang berada di sebuah kepulauan di kecamatan Ra’as kabupaten Sumenep, Jawa Timur, peran serta dalam pameran pembangunan Tahun 2018 Kecamatan Ra’as.

Hal ini, juga dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Sumenep ke 749 dan hari Ibu tahun 2018 yang diselenggara di lapangan kecamatan Ra’as pada hari Rabu (05/12).

Kepala desa Tonduk Hj. Sri Hajati sangat responsip dengan di gelarnya pameran pembangunan, yang merupakan bentuk memupuk kreatifitas warga desa dalam menampilkan beberapa kreasi produk unggulan dari desa Tonduk.

“Gelar ini adalah memupuk para warga desa Tonduk terutama ibu untuk lebih kreatif dalam meningkatkan produk unggulan dari desa Tonduk”, jelasnya.

Bahkan Srikandi muda ini memaparkan tentang produk unggulan yaitu masakan ikan dari Tripang dan ikan pari, adonan jajan kokes, risoles dan srimoka.

“Ikan Tripang dan Pari mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk asupan gizi”, ungkapnya.

Selain itu Hj. Sri Hajati yang mempunyai komitmen untuk meningkatkan pembangunan desanya dan mengembangkan SDM masyarakat Tonduk dengan mengembangkan program- program yang sudah menjadi acuan dari pemerintah.

“Pembangunan di desa Tonduk memberikan contoh solusi bagi desa yang mempunyai daerah kepulauan dengan membuat tambatan perahu dari kayu Ulin merupakan langkah yang tepat di saat era sekarang ini yang mana stok batu gunung/karang yang mulai berkurang”, papar Hj Ija.

Selain itu merupakan peningkatan perekonomian karena dengan hal itu bisa menekan biaya bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas tambatan tersebut dan akan menekan pula harga barang di desa Tonduk.

“Pengembangan petani rumput laut dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat petani agar bisa meningkatkan perekonomiannya”, imbuh Hj ija. (Min)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS