Penataan Sampah Amburadul, DLH Pamekasan Jadi Sorotan

22

Pamekasan | Sigap88 – Masyarakat yang kesal akan kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan Kamis (3/12) kemarin mendatangi kantor DLH guna menyampaikan aspirasinya terkait tata kelola di pasar Kolpajung, Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan.

Menurut Lembaga bantuan hukum (LBH) Pusara yang pada saat itu ditunjuk oleh Masyarakat sekitar untuk menyampaikan dan meminta solusi pasti dari DLH, langsung melakuan dialog bersama dengan DLH yang menurut Masyarakat kerap membiarkan sampah terbengkalai dan tak terurus selama berhari-hari di pasar Kolpajung, sehingga mengakibatkan sampah itu menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Selain itu, penempatan bak sampah portabel menurut Masyarakat juga dinilai tak beraturan, karena posisinya tepat berada ditengah badan jalan yang kerap kali jalan tersebut dijadikan akses utama bagi pengendara menuju pemukiman warga di samping pasar.

“Menurut mereka Itu bukan hal yang kesengaja, melainkan karena baknya ada di jalan, dan tempatnya juga ada ditengah-tengah, jadi jangankan mobil, becakpun sulit untuk lewat”. Kata Direktur LBH Pusara Marsuto Alfianto SH. Kamis (3/12/2020).

Sementara di lain tempat, Kepala DLH Kabupaten Pamekasan Amin Jabir mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah mencanangkan pembangunan TPS 3R di tiap Desa atau Kelurahan sehingga dalam hal ini Pemerintah Desa atau Kelurahan juga turut andil dalam melakukan tata kelola persampahan tersebut.

Sehingga berdalih recofusing anggaran senilai Rp.13,4 milyar, dan oleh sebab itu pihak DLH tidak bisa berbuat banyak, sehingga dalam pelaksanaannya, progam tersebut tidak dapat berjalan dengan semestinya.

“Perlu saya sampaikan bahwa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R dan lain sebagainya, itu semua ada pemangkasan total ssebesar Rp. 13,4 milyar, dan kebetulan bersamaan dengan hal itu ada beberapa TPS 3R yang tidak terbangun, seperti di Kolpajung, kemudian Bandaran,”. Menurutnya.

Diketahui pula saat ini pasar Kolpajung merupakan penyumbang puluhan ton sampah di Kabupaten Pamekasan, dan berdasarkan dari pantauan di lapangan, samapi saat ini sampah di pasar Kolpajung masih berserakan sampai ke badan jalan, dan selain itu untuk bak sampah portabelnya hampir memenuhi badan jalan. (Roby)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE