Penambang Ilegal Ekploitasi Lahan Perhutani

80

Trenggalek, SIGAP88 – Kekayaan dan Sumberdaya Alam yang melimpah  tentunya menjadi berkah  tersendiri  bagi masyarakat, namun pengelolaan dan pemanfaatannya harus dilakukan dengan memperhatikan analisis dampak lingkungan serta  mempunyai  ijin dari pihak pihak terkait.

Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi para penambang yang ada di Desa Sumurup, dimana para penambang yang  diduga tidak mempunyai ijin tersebut dengan sengaja  melakukan  aktifitas penambangan emas dan galena atau timah hitam dengan mengexploitasi lahan milik perhutani yang berakibat  rusaknya  lahan perhutani yang notabene lahan tersebut  masih berproduksi dan hal itu jelas jelas merugikan  pihak perhutani.

Para penambang  tersebut  jelas melanggar Undang – Undang nomor 4 tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral  dan Batubara.Dalam Pasal 158 merumuskan, “Setiap orang yang melakukan  usaha penambangan tanpa IUP, IPR, atau IUPK sebagamana dimaksut dalam  pasal 37,pasal 40 ayat (3), pasal 48,pasal 67 ayat(1),pasal 74 ayat(1)ata ayat(5) Dipidanakan dengan Pidana penjara paling lama 10(sepuluh) tahun dan denda paling banyak rp 10.000.000.000(sepuluh milyar).

Saat awak media melakukan investigasi ke lapangan untuk melihat dampak langsung dari penambangan tersebut, disitu terlihat banyak  lahan perhutani  yang rusak, pohon pinus yang masih berproduksi  banyak yang tumbang, akibat dibawahnya dibuat lubang untuk mengambil  material  tambang. Dan salah satu lahan yang rusak tersebut  berada di kawasan perhutani  RPH Sumurup petak 40d.

Kepala Perum Perhutani  BKPH Trenggalek “Kartiman” saat dikonfirmasi melalui sambungan  telepon menjelaskan.

“Kami sudah sering melakukan  operasi terhadap para penambang  tersebut  mas, sudah banyak  lubang yang kami timbun katanya, selain itu kami sudah melaporkan  kejadian ini ke Polsek Bendungan dan kami akan terus melakukan  koordinasi dengan Polsek supaya kegiatan  penambangan  ini bisa berhenti”, pungkasnya, bersambung. (Jok).

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS
Content Protection by DMCA.com