Pemuda Milenial Kepulauan Masalembu Diskusi Tentang Pemilu 2019

0
278

Sumenep, SIGAP88 – Pemilihan Umum serentak pertamakali akan dilaksanakan di tahun ini (2019). Dalam pemilihan umum ini secara serentak akan memilih calon presiden – wakil presiden, calon DPRRI, DPDRI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 17-04-2019 nanti.

Pada pemilihan umum kali ini pemilihnya didominasi oleh pemilih milenial atau usia-usia produktif. Terkhusus di wilayah kepulauan Masalembu daftar pemilih tetapnya 16.000 lebih (ber e-KTP) dan antusias masyarakat kepulauan sangat baik terbukti banyak anak-anak muda terjun ke politik melalui pemilihan umum ini.

Dalam forum diskusi tersebut yang terlaksana di kota pendidikan Malang, dihadir oleh Mahasiswa/i yang berasal dari kepulauan Masalembu yang terdiri dari beberapa kampus di jawa timur. Diskusi berlangsung pada saat kampus lagi libur yaitu pada hari sabtu (12-04-2019) sekira pukul 21.00 WIB di Cafe Coffee pojok Malang.

Poin-poin yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut adalah bagaimana semakin banyak melahirkan pemuda/i Masalembu yang berkarakter, cakap/berkompeten, sumbangsihnya untuk kepulauan, dan menghasilkan/mengantarkan wakil rakyat yang berkomitmen untuk kemajuan Masalembu.

Salah satu pemuda yang diwawancarai oleh media sigap88.com, Mubarok menyampaikan beberapa poin yaitu calon dewan perlu mensosialisasikan dirinya termasuk misi apa yang dibawa dan apa yang akan dilakukan saat terpilih nanti.

“Jangan hanya sebatas orang lain mencalonkan lalu ikut mencalonkan juga tanpa punya misi yang jelas. Sehingga saat terpilih nanti masyarakat tau sepak terjangnya sebagai wakil rakyat”, jelas Mubaroq

Dan masyarakat perlu tau juga bahwa dewan ini bukan ekskutif yang secara penuh sebagai pengguna anggaran. “Jadi ada perbedaan antara ekskutif dan legislatif sehingga harapan masyarakat terhadap dewan terpilih jangan terlalu berlebihan”, ungkap mubarok

Burhan (30) mantan ketua umum organisasi kepemudaan di Malang juga menambahkan, kami pemuda berharap dari sekian jumlah penduduk di kecamatan Masalembu dapat mengantarkan Calon Dewan terpilih 2-3 Orang. “DPT-nya kan 16.000 lebih dan untuk kursi aman setiap calon dewan sekitar 5.000 suara.

Pasalnya, kalau dihitung-hitung dari kecamatan Masalembu sendiri bisa mengutus perwakilan kurang lebih 3 orang. Tapi ini tentu harus ada yang berjiwa besar dan punya sifat kenegarawanan tidak semata-mata ego kekuasaan maupun mengganggap dirinya paling layak.

Diskusi yang dilaksanakan rutin oleh pemuda pemudi kepulauan biasanya dilaksanakan di Malang, Surabaya, Jombang, Bangkalan, Sumenep, dan dimasalembu sendiri, semoga menghasilkan yang terbaik untuk Negara dan kabuoaten Sumenep sendiri. (Min)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE