Pemprov Jatim Keluarkan Program Tistas

0
448
Ket: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Demi Peningkatan Pendidikan

Surabaya | Sigap88 – Untuk menunjang program pendidikan 12 tahun Pemerintah Provinsi Jawa timur akan memberlakukan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) gratis kepada sekolah SMA/SMK mulai tahun ajaran baru 2019/2020.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sesuai dengan amanat UU no 23 tahun 2018 tentang pengelolaan pendidikan 12 tahun tentang kewenangan pengelolaan pendidikan SMA/SMK.

“Mulai tahun ajaran baru bulan juli ini semua siswa/i SMA/SMK seprovinsi Jawa timur akan di bebaskan dengan SPP,” kata Gubernur Khofifah.

Mantan Mentri Sosial ini menyampaikan pula, tidak hanya siswa/i sekolah Negeri yang mendapatkan SPP gratis akan tetapi sekolah swasta mendapat subsidi dari program Tistas (Gratis berkwalitas), bahkan para siswa/i akan mendapatkan dua seragam sekolah.

“Melalui APBD Provinsi Jatim menganggarkan Rp 1,9 trilyun untuk program Tistas ini,” ucapnya.

Pendidikan SMA/SMK di provinsi Jawa timur sangat pesat dengan bukti siswa/i yang berhasil.masuk ke SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sangat tinggi, selisihnya sampai mencapai 4500 dibandingkan dengan provinsi yang lain.

“Ini menunjukkan tingkat kwalitas pendidikan di Jawa timur.sangat kompetitif dan kompetibel dari provinsi yang lain yang ada di Indonesia”, jelasnya.

Gubernur wanita pertama di Jatim ini menjelaskan pula, subsidi yang akan diberikan kepada SMA sebesar Rp 1.400.000 sedangkan untuk SMK sebesar RP 1.600.000 dan mendapat dua.seragam sekolah.

Sementara kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rahman menyampaikan, dana program Tistas akan di tranfer kerekening sekolah masing masing dan anggarannya di sesuaikan dengan wilayah sekolah tersebut.

“Dananya akan di tranfer kepada rekening sekolah masing masing dan besaran dana tersebut akan di sesuaikan kondisi sekolah, karena disesuaikan dengan standarisasi, seperti yang telah di tetapkan oleh Gubernur melalui SI,” ucap Saiful.

Program Tistas yang di cetuskan oleh Gubernur Jatim sangat di respon ileh masyarakat Jawa Timur, sesuai dengan program pemerintah.

“Tidak ada lagi alasan orang tua tidak menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang Sekolah Menegah Atas (SMA) karena semua biaya sudah di bebaskan melalui dana APBD,” kata salah satu warga. (*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE