Pemkab Sumenep Sajikan 1000 Porsi Kuliner Ketupat Kepada Wisatawan

0
372

Festival Kupatan

Sumenep | SIGAP88 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur dalam momen Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau bulan Syawal menggelar even Festival Kupatan yang terselenggara pada hari Rabu (12/06/2019)

Festival Kupatan yang terselenggara di salah satu destinasi tertua di kabupaten Sumenep ini,  tepatnya wisata pantai Slopeng merupakan rentetan kalender Visit Sumenep 2019.

Hadir dalam festival Kupatan, Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si, bersama ketua PKK kabupaten wakil Bupati Acmad Fauzi, SH, bersama Ibu, Sekretaris Daerah kabupaten Sumenep, Dandim Sumenep bersama Ibu, perwakilan dari Polres Sumenep, Kajari Sumenep, Para OPD, Camat sekabupaten Sumenep, staf dilingkungan pemkab Sumenep.

Bupati Busyro Karim menegaskan, Kupatan merupakan suatu perayaan tradisi jawa pada umumnya termasuk Madura, dengan latar belakang menjalin silaturrahim yang lebih erat antar sesama Muslim.

“Kupatan merupakan suatu rangkaian tradisi turun temurun yang dilakukan oleh ummad Islam dalam rangka memperrerat tali silaturrahim, dengan cara saling antar ketupat ke setiap tetangga dan handaitolan,” kata Bupati Busyro.

Diharapkan dengan terselenggaranya even kupatan ini ada suatu kelanjutan dimana perkembangan distinasi Pantai Slopeng benar benar menjadi tempat wisata yang diminati oleh wisatawan.

“Target even yang di selenggarakan ini, bukan hanya orang madura saja yang hadir ke Pantai Slopeng akan tetapi orang luar madura bahkan manca Negara bisa hadir ke wisata yang ada di kabupaten Sumenep,” papar Busyro.

Suami Nurfitriana ini menambahkan, kita harus mempertahankan tradisi turun menurun yang di dalamnya nanti peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah memberikan semangat atau stimulan kepada masyarakat agar meningkatkan perekonomiannya melalui sektor kuliner masakan lokal yang di ramu dengan cita rasa khas Madura,” ungkapnya.

Diketahui, Pemkab Sumenep melibatkan masyarakat melalui UMKM menyediakan makanan berupa, soto, rujak, campun dan semacammya.

“Ada sekitar 1000 porsi yang akan diberikan kepada wisatawan Pantai Slopeng dengan cara gratis, dengan tujuan selain mengenalkan kembali kuliner khas Sumenep (Madura) juga untuk meningkatkan wisatawan lokal dan domistik”, pungkasnya(Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE