Pemkab Sumenep Gelar Upacara Hardiknas 2019

0
669

Wabup Sumenep: Pendidikan Karakter Membentuk Insan Berakhlak Mulia dan Berbudi Luhur

Sumenep, SIGAP88 – Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) yang jatuh pada 2 Mei 2019 diambil dari kelahiran Ki Hadjar Dewantara tokoh pahlawan Nasional selaku Bapak Pendidikan Nasional.

Pemerintah Kabupaten(pemkab) Sumenep hari Ini menggelar upacara peringatan Hardiknas tahun 2019

Acara dilaksanakan di halaman kantor Pemkab Sumenep jalan Dr Cipto, kelurahan Pajagalan kecamatan Kota kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Selaku Inspektur upacara yakni Wakil Bupati (wabup) Sumenep Ach Fauzi, SH.

Dalam sambutannya, Fauzi menyampaikan, tujuan pendidikan Nasional adalah pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, Mandiri dan menjadi warga Negara Demokratis, serta bertanggung jawab.

Hal itu sesuai dengan UU nomer 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, dan sudah termaktub dalam pasal 13

Dikatakan Fauzi bahwa sektor pendidikan dan kebudayaan telah menemukan Urgensinya, yang mana sesuai dengan tema hari Pendidikan Nasional 2019 “menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan”,

“Ini merupakan pesan yang sangat penting dalam menciptakan ekositem Pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumber daya Manusia yang berkwalitas demi terwujudnya Indonesia maju”, papar orang nomor Dua di pemkab Sumenep ini, Kamis (02/05/2019).

Mantan wartawan ini menambahkan, Demi meningkatkan Pembangunan sumber daya Manusia, pendidikan menitik beratkan kepada Pendidikan Karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil yang cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Pendidikan karakter untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur”, ucapnya.

Sementara, membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan agar anak didik bisa berdaya saing diera kompetitif saat ini, merupakan Ikhtiar.

“Diera Digital saat ini anak didik didominasi generasi Z maka mereka lebih mudah dan gampang menyerap teknologi terbaru hal ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan para Guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi”, pungkas wabup Sumenep

Hadir pula dalam acara Hardiknas, Forkopimda Sumenep, para OPD Sumenep, kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Ir Bambang Irianto, para kepala sekolah, dewan Guru dan siswa/i di lingkungan kabupaten Sumenep. (*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE