Pemilik 2 Excavator dan Tambang Illegal di Desa Bintet “DIDUGA” Kebal Hukum

0
83

Belinyu, SIGAP88 – Tim Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi ( KPHP ) Bubus Panca wilayah Belinyu Riau Silip Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama pihak PT Inhutani V unit Bangka menindak lanjuti Pemberitaan dan informasi laporan perambah kawasan hutan Produksi dengan menggunakan alat berat ( escavator ) di Desa Bintet Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kamis ( 1/11/2018 )

Tim KPHP Bubus Panca Dina di dampingi dua orang Pengamanan Hutan ( Pamhut ) dan PT Inhutani V Bangka yaitu Kadartika dan Sumargo langsung investigasi ke tambang Jungsen di Desa Bintet.

Dalam pantauan tim bersama media ini, aktifitas tambang sedang berlangsung dengan menggunakan alat berat berupa dua unit escavator merk Hitachi.

“Aktifitas tambang illegal ini masuk dalam kawasan hutan milik PT Inhutani V unit Bangka” ujar Kadartika selaku pengawas lapangan PT Inhutani V Bangka.

Diakui pihaknya berulang kali memasang patok papan informasi bahwa wilayah ini masuk ke dalam kawasan hutan.

“sudah kita pasang papan informasi larangan, bahkan papan informasi yang sudah kita pasang permanen masih juga di hilangkan/ di cabut. tegas Kadartika

Sementara Dina Salasia, Staff KPHP Bubus Panca, Seizin Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan ( KKPH ) Bubus Panca mengakui pihaknya sudah melayangkan surat teguran pertama kepada pihak penambang.

“Surat peringatan ( SP) pertama sudah kita sampaikan kepada pihak penambang namun hingga kini pihak penambang masih tetap melakukan aktifitas penambangan menggunakan 2 alat berat, ujar Dina di lokasi penambangan. Kamis ( 1/11/2018 )

Ditegaskannya dalam penertiban nantinya kita hanya menjalankan aturan Undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

Sampai berita ini di rilis, wartawan belum melihat ada tanda- tanda Excavator dan tambang illegal tersebut bakal di tindak/ sita. (Imw).

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA/Telp 0838 3025 3823 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS