Pemdes Aeng Panas, Pragaan Sumenep Lantik Perangkat Desa

608

Sumenep | Sigap88 – Pemerintah Desa(Pemdes) Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur melakukan Pelantiakan dan pengambilan sumpah/janji Perangkat Desa Pengurus PKK, Ketua Rt/Rw, Pengurus BUMDes Operator Siskeudes, Kader Posyandu, KPM, san Petugas Kebersihan.

Pelantikan Perangkat Desa Aeng Panas yang terselenggara di Kantor Balai desa Aeng Panas dihadiri oleh Camat Pragaan. Darus Salam,S.Sos, KP M. Si, Kapolsek Prenduan, Danramil Pragaan, BPD Aeng Panas, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda. Senin (03/02/2020).

Kepala Desa (Kades) Aeng Panas Moh Romli, SE.menyampaikan, pelantikan perangkat Desa, pengurus PKK, Ketua Rt/Rw, pengurus BUMDes, dan yang laainnya bertujuan untuk memberikan tanggung jawab kepada semua perangkat Desa dan yang lainnya dalam menjalankan tugas demi pelayanan pemerintahan desa Aeng panas kepada semua masyarakat.

“Pelantikan ini merupakan hal yang harus di laksanakan, yang nantinya para perangkat yang terlantik bisa mengemban tugas yang telah di embankan di pundaknya,” kata Moh Romli

Menurutnya pengangkatan perangkat Desa sesuai dengan regulasi yang ada, sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (“UU Desa”), Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UUNomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (PP Desa) sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa (Permendagri 83/2015).

Romli menambahkan, Perangkat Desa adalah unsur staf yang membantu Kepala Desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam Sekretariat Desa, dan unsur pendukung tugas Kepala Desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan.

“Dengan di lantiknya perangkat Desa diharapkan, peningkatan pelayanan kepada masyarakat lebih baik sesuai dengan tugas dan topoksinya masing masing,” jelasnya.

Sementara, Camat Pragaan, Darus Salam, S. Sos, KP, M.Si mengapresiasi terhadap Pemerintah Desa Aeng Panas yang telah melantik beberapa jabatan di Pemerintahan Desa.

“Untuk menjalankan pemerintahan desa yang handal dan kredibel maka di angkatlah perangkat desa untuk membantu Kepala desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala desa,” kata Camat Darus.

Kami berpesan, kepada semua yang terlantik agar bisa menjalankan tugas dengan hati iklas dan bekerja sesuai dengan topoksinya masing masing.

Pengangkatan dan pelantikan perangkat Desa Aeng panas telah sesuai dengan regulasi yang ada dan sesuai dengan perbup (Peraturan Bupati) 72 dan 86 tahun 2018.

“Perangkat desa yang di angkat secara periodesasi dan berumur kurang dari 60 tahun bisa di angkat kembali menjadi perangkat desa,” jelasnya.

Camat juga berpesan agar supaya di balai desa di efektifan absensi sehingga di setiap hari aktif semua perangkat desa harus mematuhi sesuai dengan aturan yang ada. “Perangkat desa harus aktif kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Dikesempatan yang sama Kapolsek Prenduan Iptu A.Supriyadi, SH menyampaikan, sehubungan telah dilantiknya perangkat desa maka perangkat harus memenuhi tugasnya sesuai dengan jabatan yang di embannya.

“Perangkat desa harus bersinergi dengan Kepala desa dan semua stecholder dalam meningkatkan pembangunan desa Aeng Panas,” ungkapnya.

Supriyadi berharap, kepada semua perangkat desa untuk selalu meningkatkan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sehingga membawa masyarakat Aeng Panas yang aman dan tentram.

“Keamanan merupakan tanggung jawab kita semua, apabila ada suatu kejadian yang menyangkut kriminalitas tolong segera hubungi Polsek Prenduan,” pungkasnya. (Roby)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE