Pemberangkatan CJH Tahun 2021 Ada Tiga Skenario

20

Sumenep | Sigap88 – Tahun 2020 Calon Jemaah Haji (CJH) tidak bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah dikarenakan pihak Kerajaan Arab Saudi menutup sementara untuk Jemaah Haji seluruh Dunia.

Di tahun 2021 pemberangkatan Jemaah Haji masih menunggu keputusan dari Kerajaan Arab Saudi dan di mungkinkan ada tiga skenario.

Hal itu di sampaikan oleh Kasi Haji Kementerian Agama Sumenep H. Moh. Rifa’i Hasyim saat di temui di ruang kerjanya bahwa pemberangkatan calon jemaah haji ada tiga skenario.

“Pemberangkatan haji tetap menunggu keputusan dari Kerajaan Saudi, dengan kemungkinan ada tiga hal penting dalam pemberangkatan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, skenario pertama adalah, apabila Covid-19 H -3 bulan di nyatakan musnah maka jemaah kita akan di berangkatkan. “Apabila ada pembatasan umur maka, di ambil langkah sesuai dengan keputusan Arab Saudi,” urainya.

Sedangkan skenario yang ke tiga, apabila pemerintah Arab Saudi belum membuka maka, Kementerian Agama menunda pemberangkatan haji di tahun ke 2021.

“Calon jemaah haji Kabuoaten Sumenep yang rencananya akan di berangkatkan pada tahun 2021 sebanyak 760 sedangkan secara Nasional sebanyak 221.000,” papar H. Hasyim

Disampaikan, sesuai dengan KMA 494 tahun 2020 maka, jemaah haji yang melunasi di tahun 2020 akan jadi jemaah haji di tahun 2021. “Kalau pemberangkatan haji tahun 2022 nanti menunggu keputusan dari keputusan Kerajaan Arab Saudi.

“Marilah kita berdoa semoga Covid-19 musnah dari muka bumi sehingga para calon jemaah haji bisa berangkat ,” harapnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE