Pembangunan DD Desa Mangguan Diduga Dikorupsi

0
1035

Pasuruan, Sigap88 – Kucuran Dana dari pemerintah pusat kepada masing-masing Desa yang jumlahnya sangat fantastis hingga mencapai 1 Milyar Rupiah lebih semata-mata bertujuan untuk membangun desa mulai dari infra-struktur sampai sumber daya manusianya.

Namun tidak sedikit banyak ada oknum-oknum dari pimpinan desa berbuat kecurangan guna memperkaya diri sendiri.

Seperti yang ada di Desa Mangguan Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Dana Desa (DD) yang dipergunakan untuk infra-struktur untuk membangun desanya diduga dikorupsi oleh pemerintah Desa Mangguan melalui Mark Up anggaran dan kualitas bangunan yang sangat memperihatinkan.

Sekitar 600 juta rupiah lebih dana yang diperoleh oleh Desa Mangguan dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk semester 1 diindikasi dikorupsi oleh pemerintah desanya. Hal itu terlihat ketika bangunan fisik DD semester 1 tahun 2017 sudah banyak yang rusak.

“ belum dapat 1 tahun bangunan saluran air sudah banyak yang rusak mas” tutur warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari fisik DD yang berupa pembangunan saluran air terlihat kualitas mortalnya sangat jelek dan asal jadi, sehingga bangunan tersebut tak bertahan lama.

Selain itu, dana dari ADD yang juga didalamnya termasuk untuk penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa dan kepala desa, sisanya diduga kuat dikorupsi dengan Mark Up anggaran oleh pemerintah desa.

Hal ini dikatakan langsung oleh beberapa warga yang mewanti-wanti namanya enggan untuk ditulis.

Ditempat yang terpisah, Kusuma dari salah satu pemerhati keuangan negara menuturkan, “ untuk mengetahui kepala desa korupsi atau tidak ya harus dilaporkan ke penegak hukum saja, nanti disana akan ketemu korupsi atau tidaknya, dengan melihat SPJ dan APBDes nya,” tuturnya.

Sementara itu PJ kepala desa mangguan yang sekarang sudah tidak menjabat lagi jadi PJ kepala desa, ketika hendak ditemui perihal konfirmasi perihal terkait, namun tidak ketemu, sampai berita ini ditulis, belum ada jawaban dari pihak kades. (Tim)

Komentar
Content Protection by DMCA.com
BACA JUGA  PUPR Dan UPT Bina Marga Sampang, Tak Akui Proyek Irigasi