Pelayanan PDAM Bondowoso Dikeluhkan Masyarakat Wringin

0
370

Bondowoso, SIGAP88 – Air bersih merupakan kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pemerintah memberikan pelayanan berupa perusahaan air minum (PAM/PDAM).

Tetapi, sering kali Masyarakat sebagai konsumen air minum mengeluhkan pelayanan PDAM karena kualitas air yang keruh dan berbau yang tidak memenuhi standar kesehatan untuk dikonsumsi dan yang lebih miris lagi dengan seringnya air PDAM tidak mengalir (mati).

Hal tersebut terjadi di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, yang sering kali air dari PDAM tidak mengalir dan seandainya mengalirpun air tampak keruh dan kotor.

Seperti disampaikan oleh salah satu warga Desa wringin kepada awak media SIGAP88 dan Ormas BARA JP yang sangat mengeluhkan terhadap pelayanan PDAM Bondowoso.

Ketua DPC BARA JP Bondowoso menyampaikan, “Seharusnya pihak PDAM Bondowoso bisa bertindak cepat menyikapi hal ini”.

“Karena masalah pengelolaan Air merupakan hal yang telah diatur dalam konstitusi yakni UUD 1945 pada Pasal 33 Ayat (3) yang berbunyi, ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar- besarnya untuk kemakmuran rakyat”. 

“Dan dalam Peraturan Pemerintah No. 122 Tahun 2015 Tentang Sistim penyediaan air minum juga sudah dijelaskan secara rinci”, ujarnya.

Lebih lanjut bang Juned menjelaskan, “Disamping hal tersebut diatas masih ada yang namanya UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) dinyatakan, hak konsumen atas kenyamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi serta mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa dalam hal ini air bersih dari PDAM Bondowoso”.

“Dan dalam UUPK telah mengatur hak konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha, sesuai Pasal 19 UUPK pelaku usaha bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi kepada konsumen tidak hanya sebatas uang atau barang bahkan perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan akibat mengkonsumsi air minum yang tercemar”.

“Jadi kami harapkan pihak PDAM Bondowoso bisa segera melakukan perbaikan perbaikan yang dipandang perlu untuk lancarnya air PDAM di wringin termasuk juga mengenai kualitas air itu sendiri”, tegasnya. (Hamid).

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE