Panwaslu Kec.Kalipare Terima Calon Panwas Pemungutan Suara

0
49

Malang,Sigap88 – Panitia pengawas pemilihan umum kecamatan kalipare hari ini menerima pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara di Kantor Panwascam Jalan Raya Kalipare No. 902 Kalipare Malang.

Menurut Keterangan dari Ketua dan Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kecamatan Kalipare Bpk. Asmori Suyanto, S.Pd menyampaikan bahwa Hari ini adalah Lanjutan Penerimaan Berkas Pendaftaran PTPS yang sebelumnya dilakukan pada tanggal 11, 12 Februari 2019, berkas langsung kita teliti bersama Sekretariat Panwascam dan jika telah memenuhi syarat, selanjutnya Komisioner Panwascam melakukan Tes Wawancara Ungkap Pak Yanto Panggilan Akrab Ketua Panwascam Kalipare.

Menurut Pak Yanto, PTPS merupakan ujung tombak pengawasan. Menjadi keharusan setiap PTPS memahami tugasnya. PTPS jangan mudah diintervensi oleh siapapun.

Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Ibu Winarmi, S.Pd Menyampaikan Telah kami Umumkan Pengumuman Pendaftaran PTPS sejak tanggal 4 Februari 2019 Di Kantor Panwascam dan Kantor Desa Se-Kecamatan Kalipare dan sebelumnya telah kami sosialisasikan di berbagai kegiatan masyarakat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Pendaftar PTPS di Kecamatan Kalipare Ungkap Bu Win Panggilan Akrab Anggota Komisioner Panwascam Kalipare.

Bu Win mengatakan, nantinya setelah Pengawas TPS terbentuk akan dilakukan Bimtek pengawasan supaya mereka (PTPS) memahami teknis pengawasan saat hari pemungutan

Banyaknya Pendaftar Calon PTPS di Kantor Panwaslu Kecamatan Kalipare, menjadikan pemicu semangat dalam mengawal Proses Pesta Demokrasi yang Jujur, Adil, Bebas, Umum, dan Rahasia.

Sesuai Time Line Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara untuk Pemilihan Umum Tahun 2019 yang di Luncurkan oleh Badan Pengawas Pemiluhan Umum Republik Indonesia, hari ini (Senin tanggal 25 sampai Kamis tanggal 27 Februari 2019) adalah Perpanjangan Waktu Pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi serta tes wawancara Menurut Muhammad Alifi,S.Pd.I Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan Kalipare.

Tugas PTPS berdasarkan Pasal 114 UU No. 7 Tahun 2017 ialah mengawasi, mencatat dan melaporkan mulai Tahap Persiapan Pemungutan suara, Pelaksanaan Pemungutan Suara, Persiapan Penghitungan Suara, Pelaksanaan Penghitungan suara, Pergerakan Hasil Penghitungan Suara dari TPS ke PPS. menurut Mas Alifi, Panggilan Akrab Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan Kalipare

Juga di Atur dalam UU No. 7 Tahun 2017 Pasal 115 tentang Wewenang Pengawas TPS. Pasal 116 tentang Kewajiban Pengawas TPS, Pasal 117 Persyaratan Pengawas TPS. Pasal 132 Pembentukan PTPS” pungkas Mas Alifi.

Setelah Rekapitulasi Pendaftaran Calon PTPS Per tanggal 25 Februari 2019, terdapat Sejumlah 227 Pendaftar dari total Kebutuhan 223 PTPS di 9 (Sembilan) Desa yang terdapat di Wilayah Kecamatan Kalipare. (MA)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE