Optimis, BUMDesa Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Akan Sukses

0
80

dengan adanya stakeholder yang ada

Sumenep SIGAP88 – Salah satu upaya untuk melakukan pembenahan pembangunan adalah dengan cara mengevaluasi seluruh kinerja stakeholder baik itu di bidang infrastruktur, ekonomi dan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang gesit dan handal.

Evaluasi ini perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan pembangunan yang merata bagi daerah itu sendiri.

Nuril Wahyudi selaku Pendamping Tekhnik Kecamatan Gayam sangat optimis dengan hasil study banding ke Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo kabupaten Klaten

Dia mengungkapkan akan meningkatkan BUMDesa dengan potensi desa yang di miliki.

“Kami sangat optimis sekali BUMDesa yang ada di kecamatan Gayam akan sukses dengan adanya potensi yang sudah dimiliki di tiap desa se kecamatan Gayam. Dan hasil study banding ini di harapkan nantinya BUMDesa yang akan di bentuk akan menjadikan peningkatan pendapatan asli desa (PAD) dan juga akan memberikan peningkatan SDM masyarakat”, papar Yudi

Menurutnya di 10 desa yang ada di Kecamatan Gayam antara desa yang satu dengan yang lain sangat berbeda potensi yang ada, sehingga sangat di perlukan pemikiran yang matang untuk menentukan ke arah mana yang harus di pergunakan dana BUMDesa tersebut.

“Namun sejauh ini kami sangat optimis sekali dengan hasil study akan memberikan pencerahan kepada kepala desa untuk mengelola potensi di desanya” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, pendamping pemberdayaan Zaini, SE menyampaikan dengan pengelolaan yang baik dan managemen yang baik pula akan menjadikan BUMDesa akan berjalan baik dan sukses.

Melihat potensi desa yang ada di kecamatan Gayam kami sangat optimis sekali nantinya BUMDesa akan sukses seiring dengan niat dan kerja keras semua Stakeholder yang ada di desa tersebut.

“Kerja sama seluruh stakeholder yang ada sangat diharapkan dalam rangka meningkatkan pembangunan di daerah yang kita cintai ini. Kerja keras dan memiliki kemampuan negosiasi, menjadi kunci utama dalam meraih sebuah keberhasilan pembangunan,”tuturnya

Sementara, H. Suriyanto selaku kepala desa Gendang barat menyampaikan walaupun kami secara kasat mata tidak mempunyai daerah yang potensi untuk di jadikan distinasi wisata namun dari hasil study banding ini akan membuka pikiran kita bagaimana meningkatkan potensi yang ada di daerah kami seperti pertanian dan kerajinan.

Selain itu kami mempunyai masyarakat yang supel dan agresif dan potensi dalam mencari celah bagaimana potensi di desa kami bisa di kembangkan.

“Semua itu tergantung dari niat dan di dorong oleh semangat bagaimana menciptakan potensi yang ada di desa bisa di kembangkan dengan baik, karena pemerintah sudah memberikan jalan, tinggal kita bisa menempatkan hal tersebut sesuai dengan potensi masyarakat dan desa” jelas Suriyanto. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE