SIGAP88 – Seiring dengan meningkatnya perkembangan zaman, maka meningkat pula segala kegiatan manusia untuk memenuhi keperluannya. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan angkutan.

Pada gilirannya keadaan ini sangat menunjang pertumbuhan pembangunan khususnya dibidang perekonomian namun demikian tidak dapat dihindari dampak dari kemajuan tersebut yakni timbulnya kecelakaan-kecelakaan yang diakibatkan kendaraan bermotor, penumpang umum serta kendaraan bermotor lainnya.

Keadaan ini tentu saja sangat memprihatinkan. Berangkat dari situasi inilah, maka pemerintah berupaya melindungi masyarakat dengan jalan memberikan jaminan sosial berupa asuransi kecelakaan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak kerugian tersebut, maka para pengguna transportasi, seperti pemilik kendaraan atau perusahaan angkutan umum menggunakan banyak metode atau pilihan, salah satunya dengan mengalihkan tanggungjawabnya kepada pihak lain, yakni melalui perusahaan asuransi, dalam hal ini asuransi PT. Jasa Raharja.

Perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergiat di bidang asuransi sosial (kecelakaan) untuk memberikan ganti kerugian (biaya dan santunan) kepada setiap korban kecelakaan lalu-lintas jalan.

Santunan tersebut berasal dari iuran dan sumbangan wajib pemilik/pengusaha angkutan jalan dan penumpang angkutan umum, oleh karenanya dilakukan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar iuran dan sumbangan wajib, guna memenuhi tuntutan santunan jasa raharja terhadap korban/keluarga korban kecelakaan lalu lintas jalan raya.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam praktik kerja lapang selama satu bulan di PT. Jasa Raharja Kota Malang, maka model penanganan kasus yang diambil penulis adalah pendekatan sistem sosial (The Social System Approach).

Sistem adalah suatu unit yang terdiri dari sub-sub sistem yang saling bekerjasama ataupun saling mempengaruhi secara langsung maupun secara tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.

Perusahaan sebagai suatu sistem, berarti merupakan kombinasi dari berbagai sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang dan atau jasa untuk mencapai tujuan tertentu antara lain yaitu keuntungan dan pemenuh kebutuhan masyarakat. (Habibi, 2016: 127)

Pada dasarnya sistem di suatu perusahaan mempunyai beberapa sifat yaitu: kompleks, sebagai suatu kesatuan atau unit, sifatnya berjenis, saling beruntung dan dinamis.

Sistem dibedakan menjadi dua, yaitu sitem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (opened system).

Penerapan cara berpikir sistem sosial lebih mengembangkan pada konsep fungsionalisme, konsep ini menitik beratkan pada orientasi sistem hubungan integrative dari bagian-bagian atau sub sistem dalam kesatuan fungsional yang menyeluruh.

Pendekatan sistem sosial memandang semua bagian dari sistem sosial berinteraksi dan saling mempengaruhi di semua tindakan.

Tindakan elemen apa pun akan mempengaruhi elemen yang lain secara keseluruhan. Tindakan dan organisai dari tindakan adalah karakteristik utama dari sistem sosial, di semua sistem sosial memiliki pertukaran aktivitas di antara orang atau pada sekelompok orang.

Setelah memberikan dana santunan tersebut kepada keluarga korban kecelakaan lalu lintas, maka PT. Jasa Raharja akan memberikan kertas laporan survei yang harus diisi oleh penerima santunan yang biasa disebut sebagai Laporan Survei Pasca Bayar.

Laporan survei ini berisikan beberapa pertanyaan mengenai kualitas pelayanan terhadap penerima santunan yang diberikan disaat setelah PT. Jasa Raharja menyerahkan santunan tersebut guna memperbaiki, mempertahankan atau meningkatkan kualitas pelayanan PT. Jasa Raharja Kota malang.

Adapun beberapa pertanyaan yang disampaikan diantaranya tentang kebenaran kasus kecelakaan, keutuhan jumlah santunan yang diterima, dan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas.

Untuk menjaga independensi hasil survey, maka petugas yang melakukan survey adalah pejabat dari unit lain di luar unit pelayanan.

Informasi langsung laporan survei pasca bayar yang diberikan masyarakat adalah fakta kongkrit yang menjadi masukan berharga bagi PT. Jasa Raharja dalam menjalankan tanggungjawab sebagai pengemban amanah UU No. 33 dan 34 tahun 1964.

Dengan fakta dan informasi tersebut berbagai masukan dari masyarakat akan menjadi bahan evaluasi apabila terjadi kendala atau hambatan.

Dalam menghadapi berbagai keluhan masyarakat, maka PT. Jasa Raharja harus memiliki kiat-kiat tertentu agar memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tetapi disaat pandemi Covid-19 saat ini laporan survei pasca bayar tidak dapat dilakukan dikarenakan santunan kecelakaan diberikan memalui cara transfer, sehingga pihak PT. Jasa Raharja Kota Malang tidak dapat memberikan laporan tersebut karena berbentuk kertas dan harus bertemu secara langsung dengan penerima santunan, ketika saya PKL saya melihat sebuah permasalahan dalam laporan survei pasca bayar saat ini, dikarenakan kondisi Covid-19 saat ini mengikuti anjuran pemerintah maka tidak bisa bertemu secara tatap muka antara pegawai dengan penerima santunan dan program laporan survei pasca bayar selama berbulan-bulan pandemi sudah tidak berjalan.

Oleh karena itu saya menyarankan kepada PT. Jasa Raharja Kota Malang agar laporan survei pasca bayar tersebut tetap bisa dilakukan dan berjalan dengan semestinya agar tidak merugikan siapapun baik pihak perusahaan maupun penerima santunan, saran saya adalah menggunakan cara yang lebih modern melalui online atau elektronik yakni dengan solusi baru menggunakan elektronik laporan survei pasca bayar melalui aplikasi JRku atau googleform sehingga penerima santunan tetap dapat memberikan survei dari rumah masing-masing, mengingat program ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pelayanan PT. Jasa Raharja, dengan adanya elektronik laporan survei pasca bayar maka PT. Jasa Raharja tetap bisa menerima survei asli dan fakta dari penerima santunan yang dapat dijadikan bahan evaluasi bagi mereka untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan perusahaan.

Email :marinaalfinurmala14@gmail.com

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE