New Normal di Banyuwangi, Mahasiswa UMM Lakukan Penyuluhan di Puskesmas Badean

215

Banyuwangi | SIGAP88 – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PMM) di Puskesmas Badean, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

Tiga mahasiswa UMM tersebut di antaranya Tafa’ul Karimatuzzuhro, Amira Nurfy dan Hamzah Al Ghifari mereka membawa misi mewujudkan Indonesia berprilaku hidup sehat dan bersih

Koordinator KKN- PMM UMM Tafa’ul Karimatuzzuhro atau yang akrab disapa Tama menjelaskan, bahwa pelaksanaan KKN dimulai sejak 20 Juli – 15 Agustus 2020 mendatang, dengan fokus kegiatan bertemakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga, pencegahan Covid-19, dan Demam Berdarah.

Dikatakan Tama, dalam program pengabdian tersebut para mahasiswa melakukan penyuluhan dilakukan secara tatap muka tiap individu menggunakan poster dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Tujuan tatap muka tiap individu agar pengunjung Puskesmas dapat memahami materi penyuluhan dengan baik dan lebih leluasa untuk bertanya” katanya, Kamis, (13/08/2020)

Selain itu, lanjut Tama, kelompoknya juga menyampaikan informasi penting dari World Health Organization (WHO) tentang Covid-19 yang ada kemungkinan penyebaran melalui udara sehingga dapat ditularkan bahkan saat orang berbicara, waktu bertahan hidup lebih lama, dan jarak penularannya semakin jauh.

Selama kegiatan ini berlangsung, Kepala Puskesmas Badean, Heru Prassetyo,S.KM terus mendukung dan mengapresiasi kinerja mahasiswa saat penyuluhan.

Heru mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa ini sangat bermanfaat. “Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini membantu meningkatkan kesadaran pengunjung Puskesmas akan perilaku hidup bersih dan sehat serta protokol kesehatan karena di lingkungan sekitar masih ada masyarakat yang tidak menghiraukan hal tersebut.” tuturnya

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan, Arina Restian,M.Pd selalu mengawal dan memberi masukan agar kegiatan PMM ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran bagi pengunjung Puskesmas serta masyarakat sekitar akan PHBS dan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya Covid-19 dan penyakit-penyakit yang lain.” pungkas Tama(Gif/red/Han)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE