Melalui 3T dan 5M, Sumenep Memasuki Zona Hijau

195

Sumenep | Sigap88 – Kasus terpapar Covid-19 di Kabupaten ujung timur Madura (Sumenep) dalam empat pekan ini tidak ada tambahan yang terpapar Covid-19.

Sampai saat ini kasus Covid-19 bertahan di angka 1722 dengan tingkat kesembuhan 1614 dan yang meninggal berjumlah 108.

“Sekarang tidak ada lagi yang dirawat di rumah isolasi darurat Covid (RIDC) di gedung Islamic center desa Batuan dan di RSUD Moh Anwar serta di RSI Garam Kalianget,” kata Kadis Kesehatan (Kadinkes) Sumenep Agus Mulyono, MCH.

Ini berkat kerja sama yang baik semua stakeholder dan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Saat ini di 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep masih tersisa 3 (tiga) kecamatan yang masih Zona kuning dan 24 Kecamatan sudah zona hijau,” jelasnya.

Maka dari itu, Kami mengajak kepada semua pihak dan masyarakat untuk bahu membahu menciptakan Kota keris ini menjadi zona hijau.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini Sumenep akan menjadi zona hijau dengan catatan kita tingkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Yang paling dominan dengan cepatnya penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Sumenep dikarenakan dua hal yaitu; penerapan 5M yang merupakan prilaku yang harus dilakukan oleh semua masyarakat yang manfaatnya, menjaga diri, dan menjaga orang lain dari penularan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi dengan skala luas telah di lakukan di Kabupaten Sumenep. “Tenaga kesehatan (Nakes) selesai dilakukan Vaksinasi dan tahap ke II untuk pelayan Publik sedang berjalan,” ucapnya.

“Penurunan Kasus Covid-19 sangat pesat dikarenakan dua faktor tersebut dengan memperketat melakukan 3T (Tes, Tracing, dan Treatment),” paparnya.

Maka, pusat mempublikasi zonasi Covid-19 melalui Bersama Lawan Covid (BLC) dan se Jawa timur Kabupaten Kota, Kabupaten Sumenep dikatagorikan Zona Kuning.

“Sesuai dengan Updating yang dilakukan Kabupaten Sumenep oleh tim Covid-19 secara harian melalui 15 indikator ada 3 Kecamatan yang masih Zona kuning,” tuturnya.

Dijelaskan sebelumnya oleh Kadinkes Agus Mulyono bahwa, pelaksanaan Vaksinasi Sinovac tahap ke II di Kabupaten Sumenep bagi pelayan publik, terlaksana dengan baik.

Bahkan animo masyarakat tentang vaksin sangat besar, sehingga banyak masyarakat yang mendatangi Puskesmas setempat untuk di lakukan vaksinasi.

“Tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Sumenep saat ini sangat tinggi bahwa vaksin sangat berguna bagi ketahanan tubuh dari virus Covid-19,” jelasnya.

Maka dari itu kami mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Sumenep untuk ikhtiar dan berdoa semoga Kabupaten Sumenep yang kita cintai ini bebas dari Covid-19.

“Kebersamaan kita dalam berupaya memberantas Covid-19 adalah modal dasar,” tandasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE